Sebuah riset yang telah kami lakukan terhadap koresponden berumur 18-24, tunai lebih dipilih daripada uang digital. Walaupun uang digital kini sangat digemari, milennial masih memilih cash daripada uang digital.

Mengapa saat ini cash masih lebih dipilih daripada uang digital? Berikut adalah alasan mengapa banyak orang lebih memilih tunai lebih dipilih daripada uang digital. Alasan ini bisa jadi pertimbangan mengapa cash masih bisa menjadi alat pembayaran untuk perusahaan Anda.

 

Menggunakan uang digital

Dengan menggunakan uang digital, konsumen bisa melakukan pembayaran dengan sangat mudah.  Tinggal scan dengan kode QR maka pembayaran selesai. Apalagi, menggunakan uang digital juga sangat aman. Anda tak perlu lagi membawa uang tunai dan mencari kembalian lagi. Bahkan, Anda bisa juga tracking pengeluaran Anda.

 

Menggunakan uang tunai

Uang tunai lebih dipilih daripada uang digital saat kini dan inilah yang membuat para perusahaan uang digital merasa terancam. Uang tunai masih menjadi pilihan di era digital ini karena untuk bisnis-bisnis kecil, mereka cenderung tidak menggunakan alat untuk pembayaran uang digital atau EDC.

Tak hanya itu, uang tunai juga menjadi “penyelamat”. Menurut beberapa koresponden kami, uang tunai lebih dipilih daripada uang digital karena menjadi penyelamat disaat-saat yang tak mereka harapkan, seperti saat alat uang elektronik tidak bisa berfungsi, membeli kebutuhan sandang dan pangan yang sangat penting, dan lainnya.

Sebuah studi oleh Paypal, uang tunai lebih dipilih daripada uang digital. Hanya saja, di China, popularitas uang digital sangatlah meningkat. European Central Bank juga menyatakan bahwa popularitas uang tunai masih stabil di Eropa untuk membayar jasa ataupun barang.

 

Menurut beberapa perusahaan uang digital, membuat para pelanggan yang technology-driven untuk berpindah ke uang digital akan memakan waktu yang lama. Banyak masyarakat masih ragu akan keselamatan, keamanan, dan privasi mereka untuk berinvestasi di uang digital. Bagi mereka, dengan uang tunai, transaksi lebih aman dan nyaman karena transaksi dilakukan secara langsung.

Untuk menentukan pembayaran yang tepat untuk bisnis Anda, diperlukan peran konsultan digital marketing. Dengan konsultan digital marketing, mereka akan menentukan apa yang pas untuk anda berdasarkan data-data Anda, seperti target pelanggan Anda, penjualan Anda, dan sebagainya.