Alasan Mengapa Digital Marketing Campaign Tidak Efektif

digital marketing campaign

Banyak alasan yang menyebabkan digital marketing campaigns tidak berjalan secara efektif. Padahal dengan perkembangan digital saat ini, tidak akan menyulitkan Anda dalam berjualan secara online. Menggunakan promosi secara online nyatanya dapat membantu Anda dalam mengenalkan produk yang ingin Anda jual. Salah satunya dengan digital marketing campaign.

Digital marketing campaign sendiri adalah cara yang digunakan untuk promosi melalui internet (online). Karena dengan menggunakan cara ini, produk yang akan Anda jual dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Namun, tahukah Anda jika tidak mempelajarinya dengan seksama cara ini tidak akan berjalan efektif. Berikut alasan mengapa Digital Marketing Campaign tidak berjalan dengan efektif.

Konten Tidak Menarik

Konten menjadi salah satu kunci promosi Anda. Oleh karena itu, buatlah konten yang sesuai dengan produk atau jasa yang Anda jual dan kaitkan dengan hal yang sedang trend saat ini. Buatlah semenarik mungkin. Namun, kembali lagi bahwa semua bergantung pada usaha yang Anda jalankan. Jika Anda berada pada usaha kuliner, fashion, atau traveling. Tampilan gambar dengan kualitas baik dapat menjadi konten yang menarik untuk diunggah.

Promosi tidak tepat sasaran

Digital marketing campaign merupakan salah satu promosi online yang bisa Anda pilih. Agar promosi ini berjalan dengan sukses dan efektif, tentunya Anda harus melakukan promosi yang tepat sasaran. Contohnya saja, produk yang Anda jual adalah kosmetik khusus bibir seperti lipbalm, lipstik, lip liner dan semacamnya. Target promosi Anda adalah perempuan, bukan kepada laki-laki. Selain itu, rentang usia juga bisa menjadi pilihan berikutnya. Apakah produk ini untuk remaja atau wanita dewasa. Jadi, jika promosi ini tidak sesuai sasaran, produk Anda akan cukup sulit untuk dikenal.

Respon konsumen lama

Sebagai seorang penjual, Anda diwajibkan untuk bersikap ramah terhadap semua konsumen. Seperti pepatah yang mengatakan “konsumen ada raja”. Oleh karena itu, kecepatan merespon menjadi poin penting dalam digital marketing campaign ini. Penilaian konsumen terhadap kecepatan respon dapat membantu Anda dalam menjual produk usaha Anda.

Tidak Menggunakan Testimonial

Ada kalanya beberapa penjual online tidak menggunaka testimoni konsumen dalam rangkaian digital marketing campaign mereka. Namun, ada baiknya tidak mengabaikan testimoni konsumen saat menjual produk Anda. Di beberapa marketplaces seperti Shopee, Tokopedia, BukaLapak, dan lainnya. Testimoni konsumen menjadi penilaian dalam sistem yang menentukan toko Anda bisa menjadi star seller dengan rating terbaik atau tidak.

Jika Anda berjualan melalui media lain seperti Instagram atau Facebook, Anda bisa menampilkan testimoni konsumen. Namun perlu diingat, hindari menampilan testimonial yang dibuat sendiri. Karena jika tidak, digital marketing campaign yang Anda lakukan tidak akan efektif.

Jika Anda merasa kesusahan dalam melakukan digital marketing campaign untuk toko online Anda, ada baiknya berkonsultasi dengan konsultan digital marketing untuk langkah promosi penjualan yang cocok untuk bisnis Anda.

Recommended Posts