Promosi Bisnis Online dengan TikTok

TikTok yang kita dengar hanya sebagai aplikasi lipsync ini ternyata telah digandrungi oleh remaja dan muda mudi di beberapa negara. Aplikasi yang berasal dari Tiongkok ini berhasil mengungguli Facebook dan Instagram di Amerika Serikat. Tiktok sendiri resmi diluncurkan pada September 2017 di Indonesia. Dengan video berdurasi singkat selama 15 detik, para pengguna dimanjakan dengan beragam fitur seperti latar musik, stiker-stiker lucu, atau efek lainnya.
Jika Anda menggunakan Tiktok dengan benar, tak ada salahnya jika Anda memperkenalkan bisnis atau produk Anda. Menurut Sensor Tower, TikTok sukses diunduh lebih dari 700 juta secara global pada 2019. Jumlah unduhan ini berhasil kalahkan Facebook dan Messeger. Walau bagi sebagian orang aplikasi ini hanya aplikasi lypsinc, lalu bagaimana tips dan trik promosi bisnis online dengan TikTok?

  1. Pelajari TikTok
    Hal pertama yang harus Anda lakukan yakni mempelajari platform Tiktok itu sendiri. Mulai dari konten yang sering muncul, challenge atau hastag yang populer, cara berinteraksi dengan calon konsumen Anda, dan masih banyak lainnya.
    TikTok memang berisi konten yang menyenangkan dan menarik secara visual. Aplikasi ini memang bukan tempat untuk promosi penjualan yang serius. Ditambah lagi para pengguna TikTok berada pada umur 16-24 tahun. Jadi, jika target Anda ada di usia mereka, gunakan video yang kreatif untuk menarik perhatian mereka.
  2. Konten kreatif yang menyenakan
    Membuat konten TikTok dengan banyak pengguna remaja akan membuat Anda berpikir jauh lebih kreatif dan menyenangkan untuk mempromosikan produk. Serunya lagi, Anda tak perlu membuat video yang sangat halus editingnya. Sebagai contoh, brand kosmetik Lush yang mempromosikan video produk mereka dengan cukup unik dan menyenangkan. Tentunya disertai latar musik. Konten yang ditampilkan tetap sederhana namun riang dan tetap fokus pada produk ketimbang melakukan video meme viral dan gagal.
  3. Kerjasama dengan Influencer TikTok
    Mungkin influencer Tiktok tidak sekondang media sosial lain seperti Instagram atau Youtube, namun bekerjasama dengan mereka dapat membantu Anda memperluas jaringan. Untuk menemukan influencer yang tepat untuk bisnis Anda, carilah secara online melakui pengecekan bio mereka. Misalnya Ria Ricis, Youtuber yang merambah ke TikTok bekerja sama dengan GOJEK untuk kampanye GOPAY dengan challenge #goyangpinday dan mendapatkan 101.700 views.
  4. Manfaatkan Iklan
    Diawal kemunculannya, TikTok tidak memiliki iklan. Akan tetapi, iklan TikTok mulai berjalan tahun 2019 yang memiliki 4 jenis iklan yakni :
    1. Konten Asli
      Sama halnya dengan iklan Instagram stories dan mendukung banyak fitur seperti klik situs web atau unduhan aplikasi
    2. Penyebutan Brand
      Pengiklan dapat membuat gambar, GIF, dan video dengan link ke laman yang dituju atau hashtag challenge.
    3. Hashtag Challenge
      Membuat tantangan hashtag yang dipromosikan mendapatkan lebih banyak engangement.
    4. Branded Lense
      TikTok akan menciptakan face filter, 3D objects, dan hal visual lainnya yang dapat digunakan oleh pengguna dalam kurun waktu tertentu. Tipe iklan ini memiliki engangement yang tinggi seperti hashtag challenge.

Iklan pada TikTok sama halnya dengan media sosial lain yakni menawarkan penargetan yang tepat sehingga membantu Anda untuk menjangkau pengguna yang tepat.
Nah, di atas merupakan tips dan trik promosi bisnis online dengan Tiktok. Tertarik mencoba? Jika target bisnis Anda ada pada usia muda, tak ada salahnya mencoba. Sangat disayangkan jika hanya konten lucu saja dilihat di TikTok, Anda bisa pergunakan untuk promosi bisnis online di TikTok.

Recommended Posts