Branding sangat dibutuhkan dalam upaya marketing di masa kini karena persaingan dalam sebuah pasar terlalu ketat. Maka dari itu, brand positioning sangatlah penting sebagai bentuk dari branding. Inilah tips dan trik membangun brand positioning.

Brand positioning sendiri adalah posisi brand yang ingin ditanamkan di benak konsumen. Misalnya, Aqua berposisi sebagai air mineral paling bermutu, dan sebagainya. Namun, diperlukan trik membangun brand positioning yang tepat agar tidak salah.

Berikut trik membangun brand positioning yang bisa Anda terapkan

Trik membangun strategi posisi merk yang pertama adalah brand positioning harus tetap konsisten dan searah. Jika posisi konsisten dan searah, terciptalah faktor emosional konsumen; yakni suatu produk yang sama menjadi berbeda di benak konsumen. Misalnya, jika suatu brand ingin diasosiasikan dengan kata “cerdas”, maka kata “cerdas” harus terus menerus dikomunikasikan ke konsumen.

Trik kedua adalah para pelaku marketing harus memiliki keseragaman cara berkomunikasi walaupun dari kanal komunikasi yang berbeda. Dengan upaya ini, mereka dapat menemukan target konsumen yang tepat. Segmentasi konsumen ini dapat memberikan dan melestarikan efektivitas dari upaya komunikasi tersebut. Ini juga dapat membantu untuk efisiensi biaya.

Trik ketiga adalah brand harus mampu membangun kepercayaan dari konsumen atau reasons to believe. Dengan kata lain, konsumen harus mendapatkan produk yang sesuai ketika suatu pesan tersebut disampaikan.

Namun, ada beberapa kesalahan positioning yang sering dilakukan para marketeer sebagai berikut.

Overpositioning, atau brand memiliki positioning terlalu tinggi dalam benak konsumen. Ini mengakibatkan suatu brand dianggap diatas jangkauan daya beli mereka. Contohnya, sebuah brand perhiasan premium membanderol perhiasan seharga 80 juta. Walaupun kenyataannya, perhiasan yang dijual brand tersebut bisa dapat dibeli dari harga mulai 10 juta.

Selanjutnya, doubtful positioning. Pelanggan merasa sulit untuk memercayai klaim sebuah brand. Misalnya, pelanggan ingin membeli air minum yang diklaim “purified water” (air mineral murni) namun harganya terlalu murah untuk air yang murni sehingga pelanggan mulai meragukan kualitas air minum tersebut.

Dalam membangun brand positioning, dibutuhkan strategi dan perencanaan yang sesuai agar kesalahan-kesalahan di atas tidak muncul. Maka dari itu, dibutuhkan peran konsultan digital marketing untuk membantu membangun brand positioning yang efektif.