Branding sangatlah penting untuk sebuah perusahaan agar menarik calon pembeli. Maka dari itu memilih naratif yang tepat untuk branding sangatlah dibutuhkan. Branding juga menjadi yang terpenting untuk menciptakan hubungan antara konsumen dengan perusahaan. Inilah naratif yang pas menurut Tom Spencer, seorang ahli identitas brand dan seorang cofounder dari perusahaan konsultan marketing Australia, Cooperate.

 

Branding yang terbaik menurut Tom Spencer merupakan sebuah kolektif dari pikiran, perasaan, dan konsep dari imajinasi publik. Yang perlu kita lakukan terlebih dahulu adalah kita harus memelajari konsumen dan berpegang teguh pada pesan “it’s not about you, it’s about them”.

 

Inilah cara-cara lain untuk membangun naratif yang tepat untuk branding dan juga hubungan dua arah yang sangat melekat dengan konsumen.

 

Ketahui konsumen Anda

Anda butuh melakukan banyak riset tentang kebiasaan konsumen Anda. Hal tersebut dapat memengaruhi proses pembelian oleh konsumen Anda. Ini sangat-sangat penting dalam menjalin hubungan dengan konsumen. Semisal, pembeli dengan rentang usia 20-35 suka membeli produk dengan warna pop colour dan sebagainya.

Dengan mengetahui konsumen Anda, bisnis Anda akan semakin berkembang.

 

Menjadi emosional

Biasanya dalam pemasaran, kita cenderung memberi jarak dengan para konsumen. Sebenarnya, dengan membangun hubungan yang emosional dengan konsumen malah justru membuat pemasaran Anda semakin baik. Tanyakan dulu pada diri Anda : apa yang dirasakan para konsumen tentang brand Anda? Apakah mereka merasa tahu banyak tentang brand Anda? Dilindungi? Terhibur?

 

Lebih Teratur dalam Penjadwalan

Setiap bulan ke dua belas atau ke delapan belas, mulai jadwalkan satu halaman perencanaan tentang customer journey untuk aktivitas marketing Anda. Prioritaskan area-area dari identitas brand Anda yang perlu Anda tunjukkan lebih. Branding yang tidak terencana malah merusak branding Anda.

 

Dengan memikirkan identitas brand Anda, Anda menunjukkan bahwa Anda peduli terhadap konsumen Anda dan sangat benar-benar memikirkan kesiapan Anda untuk bersaing dalam dunia digital ini. Anda tak hanya mendapatkan konsumen baru, namun juga menjalin hubungan long term dengan konsumen-konsumen Anda. Dalam branding, Anda juga memerlukan konsultan digital marketing yang terpercaya.

Memilih naratif yang tepat untuk branding sangatlah penting. Jika Anda tidak mulai membangun branding yang tepat, Anda akan kalah bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang kini “bermain” dalam dunia digital. Anda akan mulai kehilangan customer loyalty.