Merancang identitas untuk perusahaan Anda sangatlah penting agar memberikan brand awareness pada konsumen Anda. Membuat identitas ini mencakup pembuatan logo, situs, dan merchandise. Berikut adalah tips dan trik merancang identitas untuk perusahaan Anda.

 

Merancang Identitas untuk Perusahaan, Lakukan Penelitian Terlebih Dahulu

Sebelum merancang identitas untuk perusahaan, Anda harus melakukan penelitian terlebih dahulu dan menghindari peniruan desain. Anda bisa brainstorming logo dari pertanyaan ini, apakah sektor perusahaan Anda?

Dengan melihat sektor perusahaan Anda, Anda bisa melihat gaya huruf serta warna yang biasa dipakai sektor perusahaan tersebut. Misalnya, jika Anda bergerak di bidang perawatan kulit dan make-up, Anda bisa gunakan warna-warna pastel dan font serif.

 

Pertimbangkan Unique Selling Point

Setelah melakukan penelitian, pertimbangkan Unique Selling Point (USP) dengan membandingkan dengan pesaing Anda. Apakah nilai dari merk Anda daripada pesaing Anda? Dengan mengetahui beberapa nilai ini, Anda akan mengetahui “daya tarik” dan lebih percaya diri dengan apa yang Anda tawarkan.

 

Buat Sketsa di Kertas

Visualisasikan logo Anda di sisi cangkir kopi pagi Anda, di pintu toko Anda, dan sebagainya. Ingat, logo merupakan interpretasi dari bisnis Anda. Konsumen Anda dapat menafsirkan banyak informasi tentang bisnis Anda hanya dari melihat logo Anda sendiri.

Dalam mendesain logo, Anda juga bisa pertimbangan psikologi warna, pilihan font, simbol yang direpresentasikan, dan lainnya. Jika sudah mendapatkan logo-logo ini, Anda akan memiliki banyak pilihan logo. Nah, mulailah untuk mempertimbangkan logo Anda : apakah terlalu rumit untuk dimengerti? Sketsa mana yang lebih kuat daripada logo-logo yang lain? Tanyakan hal ini pada orang-orang terdekat Anda, seperti saudara, teman, anggota keluarga, dan sebagainya.

 

Perluas Merk Anda Melalui Fotografi dan Grafis

Tak hanya logo dan teks, Anda juga perlu memikirkan elemen-elemen visual seperti fotografi dan grafis. Anda juga perlu mengisi Instagram bisnis Anda, katalog, menu, dan sebagainya, bukan?  

Buatlah satu gaya foto yang akan menjadi ciri khas dari perusahaan Anda. Unsur konsistensi ini akan menjadi identitas perusahaan Anda. Atur saja kesederhanaan atau kompleksitas grafis Anda. Anda bisa memilih tone foto tertentu untuk ciri khas fotografi Anda, gaya minimalistik atau rumit untuk komposisi foto Anda, dan sebagainya.

 

Sudah menemukan identitas perusahaan Anda? Anda mungkin akan menemukan banyak logo ataupun ciri khas yang tidak jadi Anda pilih, atau malah bingung memikirkan identitas yang pas untuk perusahaan Anda. Maka dari itu, konsultan digital marketing dapat membantu Anda untuk menemukan identitas perusahaan yang pas.