Tren marketing Instagram tahun 2019 ini akan sangat-sangat sibuk. Beberapa update telah dirumorkan akan luncur di tahun ini. Aaron Brooks, seorang cofounder dari sebuah platform marketing asal Australia, Vamp; memberikan prediksi maupun update untuk fitur apa saja dari tren Instagram yang dapat digunakan untuk marketing.

 

Tren Instagram – Preview IGTV Untuk Feed

Para pengguna Instagram mungkin sangat lamban dalam membiasakan mereka terhadap video yang lebih panjang. Namun, karena tren Instagram yang membuat penonton IGTV meningkat, Instagram tidak kehabisan akal. Ketika sang pengguna mengunggah sebuah konten untuk IGTV, promosi pendek akan muncul di linimasa para pengikut mereka.

 

Tentu saja ini berarti bahwa mereka dapat melihat apakah mereka tertarik dengan video tersebut atau tidak tanpa perlu sulit-sulit mengecek IGTV mereka lewat profil mereka. Jika mereka ingin melihat IGTV itu lebih lengkap, mereka bisa hanya mengeklik video preview tersebut.

 

Fitur ini memiliki peran penting untuk digital marketing. Karena video panjang memberikan koneksi yang lebih dalam dari brand terhadap audiens mereka.

 

Tren Instagram – Koleksi ala Pinterest

Instagram memberikan fitur koleksi foto yang mirip dengan Pinterest dan membuat tren Instagram lagi. Fitur koleksi ini memang sudah lama ada, memberikan keleluasaan para user untuk menyimpan foto yang mereka sukai dari user lain. Namun, Instagram dikabarkan tengah menguji untuk membuat fitur ini menjadi publik; di mana para pengguna mampu berbagi post yang telah dikurasi dari minat mereka.

 

Untuk para marketeers, hal ini sangat berguna untuk mereka karena Instagram tengah meningkatkan fitur e-commerce hingga optimal. Jadi, fitur ini dapat digunakan para pengguna untuk menjadi wishlist. Ini sesuai untuk para brand yang menggunakan Instagram sebagai katalog dan telah mengaktifkan fitur shop dalam post tersebut.

 

Tren Instagram – Stiker Donasi

Menurut artikel dari TechCrunch, Instagram sedang menguji stiker donasi untuk Instagram Story. Kemungkinan stiker ini dapat membuat para pengguna untuk menemukan beberapa perusahaan nonprofit untuk berdonasi.

 

Di bulan November lalu, tren Instagram telah membantu penggalangan dana sebanyak lebih dari satu milyar melalui fitur-fitur donasi. Stiker ini, digabungkan dengan fitur populer Story, akan lebih memberikan pengalaman lebih untuk fitur donasi. Tentu saja berita ini sangat menyegarkan untuk para perusahaan non profit.

 

Tren Instagram – Fitur Chat untuk Web Version

Tentu saja untuk memudahkan para manajemen komunitas, berkomunikasi dengan audiens sangatlah diperlukan. Instagram dikabarkan tengah menguji fitur direct message untuk versi web.

 

Sekarang, direct message bisa dilakukan di dalam aplikasi. Namun, dengan upgrade dalam desktop nantinya, para pengguna dan brand dapat menjawab direct message yang masuk secara cepat dan efektif.

 

Fitur-fitur ini tentu dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Namun, terdapat beberapa strategi agar benar-benar efektif dan konsultan digital marketing dapat membantu untuk mengoptimasi fitur-fitur tersebut.