Tibalah kita di penghujung tahun 2018. Di tahun ini, kita sudah dihadapkan dengan perkembangan marketing lewat media sosial yang melesat. Namun, apakah di tahun 2019 masih akan sama? Tentu tidak. Emma Barr, sang founder dari perusahaan Real Estate berbasis Internet terkemuka di Australia, iLEADS, memrediksi bahwa promosi via video daring akan menguasai trend promosi dalam media sosial.

 

Video

Akhir-akhir ini, banyak penelitian memaparkan bahwa video daring akan mencapai jumlah jam tonton pemirsa televisi; yakni 2.7 jam per harinya. Mungkin kini saatnya untuk mempertimbangkan membuat format video untuk promosi Anda.

 

Terdapat jenis-jenis video yang bisa Anda gunakan untuk promosi. Berikut adalah jenis-jenisnya

  1. ‘Snack Ads’ : video jenis “Snack Ads” atau “iklan Snack” biasanya panjangnya tak lebih dari 10 detik. Karena konten video daring membuat para penonton cenderung untuk melewatkan iklan tersebut, ada baiknya untuk membuat video-video pendek ini untuk “meringkas” pesan dari promosi Anda lebih cepat dan lebih efektif pada target audiens Anda.
  2. Live Streaming : Semua media sosial memiliki fitur live streaming untuk merekam video secara real time. Jika Anda mencari cara untuk terhubung dengan audiens target Anda secara daring, cara ini merupakan cara yang paling tepat. Anda bisa menghubungkan audiens target Anda untuk melihat prospek Anda tiap harinya. Semisal, jika Anda memiliki bisnis real estate, Anda bisa melakukan live stream dari pelelangan properti. Anda juga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam live stream secara real time.

 

Chatbot

Tak hanya video, promosi yang akan sangat digandrungi adalah chatbot. Chatbot yang menggunakan AI akan benar-benar bertumbuh walaupun para pembeli tidak akan “sadar” kalau mereka tengah mengobrol dengan AI. Menggunakan chatbot untuk kanal media sosial maupun situs Anda sangat-sangatlah efisien dan mudah, juga memberikan level yang tinggi dari pelayanan pelanggan.

 

Chatbot memang efisien, dan juga merupakan bentuk komunikasi massa yang sangat efektif. Mereka tak perlu jam kerja, mereka bisa 24/7 tetap melayani pelanggan. Ini terbukti bisa meningkatkan kepuasan pelanggan, response rate dalam Facebook, meningkatkan SEO, hingga rekomendasi.

 

Content Marketing

Dari influencer, chatbot, e-commerce, ataupun video, tetap ada satu yang selalu berhasil; yakni content marketing. Membuat konten yang menarik dapat meningkatkan kepercayaan dari audiens. Tentu saja, konten yang informatif dan menarik, kesempatan informasi daring yang Anda berikan lebih tinggi untuk menarik banyak orang.

 

Dalam membuat konten yang informatif dan menarik ini, terdapat strategi-strategi tertentu. Jika strategi ini berhasil Anda lakukan, kemungkinan konten Anda akan semakin dilirik calon pembeli pun semakin tinggi. Disinilah peran konsultan digital media sangat diperlukan.