Bertambahnya marketplace untuk penjualan online membuat para pelaku bisnis online memiliki banyak pilihan untuk tempat berjualan. Namun, dari banyaknya marketplace, tak semua marketplace ini akan memberikan target audiens. Berikut adalah strategi pemilihan marketplace yang tepat untuk berjualan.

 

Strategi pemilihan marketplace yang tepat : Ketahui Latar Belakang dan Reputasi

Inilah strategi pemilihan marketplace yang tepat dan terpenting. Cari informasi latar belakang dan reputasi seperti sejarah berdirinya, sistem kerja, serta pengalaman dari pengguna, seperti ulasan. Dengan kriteria latar belakang dan reputasi yang baik, Anda akan terhindar dari kerugian yang bisa akan terjadi.

Merasa sudah menemukan marketplace yang tepat? Catat dulu marketplace tersebut dan lanjut ke strategi pemilihan marketplace yang tepat kedua.

 

Cari marketplace yang ramai

Walaupun marketplace yang Anda inginkan memiliki reputasi yang cukup baik, pastikan jika marketplace Anda memiliki traffic yang besar. Anda bisa melihat salah satu toko dalam marketplace dan lihatlah respon seperti ulasan maupun komentar dari pengunjung.

Jika Anda berjualan dalam marketplace yang ramai, Anda akan berpeluang besar mendapatkan feedback yang banyak dari pembeli.

 

Cari marketplace yang memiliki sistemnya memudahkan transaksi

Sistem transaksi marketplace juga harus Anda perhatikan. Semakin mudah transaksi yang ada pada marketplace, semakin mudah para pembeli untuk berbelanja. Kemudahan sistem transaksi ini bisa Anda lihat dari penampilan “etalase” produk, pemesanan, pembayaran, dan sebagainya.

 

Cari marketplace dengan customer service yang mudah dihubungi

Sudah temukan marketplace yang tepat? Nah, sekarang, carilah marketplace dengan customer service yang mudah dihubungi, baik dari media sosial, chat, hingga e-mail. Maka dari ini, ada baiknya untuk mencantumkan data diri Anda secara seksama.

Layanan customer service ini sangat penting karena pada saat maintenis dan mengganggu transaksi belanja konsumen, Anda harus perlu sigap dalam menyikapi ini. Jika Anda dan customer service responsif, pembeli pasti akan puas dan akan meningkatkan penjualan Anda.

 

Seperti Baransu Parts, mereka menggunakan Tokopedia sebagai tempat yang tepat untuk berjualan. Dengan adanya Tokopedia, Baransu Parts mampu menjual barang-barang ready stock yang ada di toko dan memudahkan para pembeli untuk mendapatkan suku cadang untuk kendaraan mereka dengan cepat.

Peran konsultan digital marketing juga sangat diperlukan dalam memilih marketplace yang tepat. Mereka dapat membantu bisnis Anda berkembang dengan pemilihan marketplace serta membantu Anda untuk berpromosi secara efektif.