Di bulan puasa ini, kenali kebiasaan berbelanja pelanggan Anda saat bulan puasa berubah. Dalam waktu belanja online, kebiasaan ini pun juga berubah. Menurut Lazada, lalu lintas belanja online pada saat jam makan siang saat bulan Ramadan malah meroket.

Haikal Bekti Anggoro selaku Head of Traffic Lazada Indonesia, ia memprediksi bahwa traffic belanja online akan menjadi meningkat saat jam makan siang karena konsumen tidak makan. Dengan kata lain, kebiasaan berbelanja pelanggan Anda menjadi meningkat saat makan siang karena mereka fokus melihat ponsel mereka dan berbelanja, baik dari e-commerce maupun platform media sosial.

Sebenarnya, di kala hari-hari efektif atau hari non-Ramadan, puncak transaksi terjadi pada saat jam makan siang. Haikal menambahkan, makan siang menjadi waktu dimana banyak konsumen berbelanja karena mereka biasa makan di kantor seraya berbelanja.

Bagaimana kebiasaan berbelanja pelanggan Anda?

Pada saat sahur, kebiasaan berbelanja pelanggan Anda pun juga meningkat. Haikal memprediksi traffic belanja online meningkat pada saat waktu sahur, yakni pada pukul 03.00 hingga pukul 05.00. Setelah itu, transaksi akan menurun secara berkala dan meningkat lagi pada jam makan siang. Jadi, seraya menunggu subuh, mereka akan berbelanja online.

Dalam kategori berbelanja, kebiasaan berbelanja pelanggan Anda terletak pada tiga kategori ini, yakni fashion, elektronik, dan kesehatan atau kecantikan. Menurut Haikal, ini terjadi karena kebiasaan kita mendengarkan lagu Baju Baru, dimana baju baru ini dipakai saat Lebaran. Maka dari itu, kategori fashion, terutama baju muslim pun meningkat.

Momen lebaran pun menjadi waktu terpenting bagi pemilik usaha karena pengguna akan berbelanja lebih banyak, mengingat adanya Tunjangan Hari Raya.

Kebiasaan berbelanja pelanggan Anda juga hanya efektif selama 20 hari pertama saja dalam bulan Ramadan. Biasanya, 10 hari selebihnya, pelanggan Anda akan disibukkan dengan urusan mudik.

Strategi-strategi Ramadan seperti ini ada baiknya untuk diketahui bagi para pelaku bisnis online. Agar trik waktu penjualan dan marketing saat Ramadan tepat sasaran, peran konsultan digital marketing sangatlah diperlukan. Konsultan digital marketing dapat membantu Anda memberikan terobosan trik marketing terkini dan sangat membantu penjualan Anda.