Bulan Ramadan tinggal dalam hitungan beberapa minggu lagi. Pada saat Ramadan, menurut Google Data 2018, kebiasaan berbelanja online di Indonesia meningkat hingga 40% dibandingkan dengan hari-hari normal. Demi memaksimalkan potensi tersebut bagi bisnis Anda, berikut adalah trik marketplace untuk Ramadan.

Sebuah survei oleh UC Browser di tahun 2016, menyatakan peningkatan traffic sebesar 53% terjadi pada situs-situs marketplace. Terlebih, menurut sebuah riset Google, lonjakan ini juga terjadi pada perilaku netizen bahwa tema yang berhubungan dengan aktivitas belanja sangat banyak dicari saat Ramadan.

 

Nah, jika Anda memiliki bisnis, apa saja yang harus Anda lakukan? Berikut adalah trik marketplace untuk Ramadan.

 

Optimalkan performa marketplace pada versi mobile

Trik marketplace untuk Ramadan yang sangat krusial adalah optimalkan performa marketplace Anda pada versi mobile. Pada saat Ramadan, pelanggan akan lebih sering mengakses internet dan melakukan transaksi melalui smartphone. Pelanggan cenderung mengakses marketplace lewat smartphone mereka karena efisiensi waktu.

Jika situs marketplace Anda tidak mobile-friendly, konsumen akan banyak cenderung berpikir tentang banyaknya bandwidth Internet yang termakan oleh situs Anda. Juga, efisiensi waktu pun sangat mereka pertimbangan.

 

Siapkan Paket Spesial Lebaran

Karena kecenderungan masyarakat Indonesia untuk ingin tampil modis saat lebaran, inilah salah satu trik marketplace untuk Ramadan yang pas : siapkan paket spesial lebaran. Jual paket-paket ini sejak hari pertama Ramadhan dan tersedia dalam waktu terbatas karena waktu efektif penjualan di bulan Ramadhan hanya 20 hari pertama saja. 10 hari selebihnya, orang-orang akan disibukkan dengan urusan mudik.

Berikan paket spesial dengan harga menarik, seperti bundling busana muslim matching untuk couple,  bundling produk perawatan wajah beserta kosmetik-kosmetik halal, hingga paket set interior seperti paket set sarung bantal, kursi, hingga taplak meja bernuansa lebaran.

 

Berikan Promosi Khusus Ramadhan

Selain menawarkan paket spesial, berikan promosi khusus Ramadan. Promosi khusus ini bisa bonus hadiah langsung , gratis ongkos kirim, diskon, hadiah uang belanja, dan sebagainya.

 

Buat Konten dengan Tema Ramadan

Ganti foto-foto jual di marketplace Anda dengan foto yang bernuansa Ramadan. Misalnya, Anda bisa mengganti foto-foto jualan Anda dengan memberikan properti seperti pita hijau, ketupat, dan sebagainya. Jika Anda menjual baju, pajang foto-foto jualan Anda dengan model berpakaian lebih tertutup daripada biasanya.

 

Agar target penjualan dan target pelanggan tercapai, serta optimasi marketplace untuk versi mobile, dibutuhkan peran konsultan digital marketing yang berpengalaman. Konsultan digital marketing akan membantu Anda dengan strategi pemasaran dan penjualan yang tepat