Banyaknya informasi yang berlalu-lalang di era digital ini membuat “informasi” tentang perusahaan jasa Anda menjadi tertumpuk. Agar “viral”, kuatkan perusahaan jasa dengan storytelling. Storytelling akan menarik para calon konsumen maupun konsumen Anda secara emosional.

Anda perlu untuk memperkenalkan perusahaan jasa kepada pelanggan agar diterima. Ini karena ungkapan “tak kenal maka tak sayang” ada benarnya, kuatkan perusahaan jasa dengan storytelling menjadi pilihan yang tepat. Sebuah perusahaan jasa yang terbaik harusnya memiliki elemen bernama 5S. 5S ini adalah Story, Style, Synergy, Substance, dan Surprise. Tentu saja ini berarti bahwa dalam membangun impresi dari bercerita.

Inilah bagaimana storytelling dapat menguatkan bisnis jasa Anda

Robert McKee, seorang penulis naskah film terkenal Hollywood, menyatakan bahwa terdapat dua cara memengaruhi orang lain. Pertama, dengan menyuguhkan data otentik berupa angka, grafis, maupun statistik; yang akan menyentuh sisi rasional seseorang. Kedua, dengan cerita yang akan menyentuh sisi emosional seseorang.

Namun, jangan asal cerita. Dalam kuatkan perusahaan jasa dengan storytelling, ada baiknya menggunakan cerita asli yang tidak dibuat-buat. Anda tak perlu memberi bumbu dramatis dan sebagainya, ambil saja testimonial para pelanggan. Gunakan cerita tersebut sebagai komunikasi pemasaran Anda.

Contoh yang paling dekat, seorang teman Anda menumpangi taksi dan tasnya sempat tertinggal di taksi tersebut. Namun, karena kejujuran sang pengemudi, tas teman Anda diantar kembali ke kantor dengan isi yang utuh, tidak ada kehilangan apapun. Dengan ini, teman Anda memberikan sebuah testimonial tentang perusahaan jasa.

Nah, gunakan “cerita-cerita” seperti ini dari konsumen Anda tentang jasa layanan Anda ini dan promosikan kisah tersebut ke target audiens Anda. Jangan lupa untuk mensosialisasikan kisah-kisah tersebut pada pegawai Anda sebagai bentuk motivasi tentang value bisnis Anda.

Tak hanya itu, kisah-kisah tersebut tak berhenti di pelanggan Anda, namun akan memberikan inspirasi banyak orang tentang layanan yang baik. Apakah promosi storytelling tampak menarik untuk Anda?

Dalam meracik cerita-cerita ini, Anda juga perlu berhati-hati. Jangan sampai cerita Anda malah terkesan dibuat-buat dan mengada-ada. Konsultan digital marketing akan membantu Anda untuk membuat dan memilih-milih cerita dari konsumen Anda yang pantas untuk menjadi alat promosi Anda. Selamat bercerita!