Anda pasti pernah melihat iklan di media massa maupun media online seperti Google, Facebook,  dan sosial media lainnya bukan? Dibalik semua iklan yang menarik tersebut ternyata ada seorang copywriter yang handal lho! Melalui copywriting yang tepat, iklan bisnis pun bisa ditarget dengan tepat.

Copywriting merupakan seni dalam mengolah kata sehingga menghasilkan tulisan kreatif yang mampu menciptakan daya tarik pembaca. Mengapa tulisan kreatif? Karena dengan tulisan ini dapat menarik minat pembaca untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah apa perbedaan copywriter dengan penulis biasa? Penulis lebih fokus pada tulisan bersifat informative berupa artikel di blog ataupun website. Sedangkan seorang copywriter lebih bergerak ke ranah pemasaran, ia fokus pada ads copy (tulisan iklan yang persuasif).

 

Copywriting yang menarik? Seperti apa?

Dalam dunia bisnis online, Digital Conten Creator yang menarik dan komunikatif merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keterikatan dan interaksi antara brand Anda dengan konsumen. Namun, ada kesulitan mempengaruhi pola pikir konsumen untuk mau bertindak sesuai kehendak kita hanya dengan menggunakan kata-kata. Untuk itu, mengapa copywriting sangat diperlukan dalam pemasaran, karena jika penggunaannya tepat dapat mempromosikan produk dengan baik, menjangkau pasar yang lebih luas, hingga meningkatkan omset penjualan.

Lalu bagaimana mengatur strategi copywriting yang baik sehingga hasilnya maksimal?. Hal pertama, lakukan riset audiens. Hal ini bertujuan agar Anda dapat mengatahui apa yang audiens butuhkan dan langkah yang Anda lakukan sebagai pebisnis. Kedua, gunakan formula AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Ketiga, memanfaatkan “Growth Hacking” yaitu teknik marketing untuk menjual produk dan mendapatkan publikasi melalui email marketing, landing page, blog dan media marketing lainnya.

 

Mulai sekarang, Anda bisa mulai mengoptimalkan copywriting ini sebagai strategi iklan agar tepat sasaran. Jika Anda masih bingung bagaimana membuat iklan yang dapat menumbuhkan emosi audiens dengan teks secara persuasif, tandanya Anda perlu menggunakan jasa profesional seperti Konsultan Digital Marketing. Adanya konsultan digital marketing mampu membantu Anda dalam menerapkan copywriting yang persuasif sehingga iklan dapat berjalan maksimal.