Peran Digital Marketing — Dalam dunia pengembangan bisnis dan branding, beralih ke ranah digital sudah banyak didengungkan. Jadi apa sih  dan bagaimana peran digital marketing untuk mengembangkan bisnis kita?

Digital marketing adalah iklan dan promosi bisnis melalui saluran media digital. Yang termasuk digital media antara lain website, media sosial, radio, televisi, perangkat mobile, bahkan bentuk media non-digital seperti billboard dan lain-lain. Pada dasarnya, semua media pemasaran yang dikirimkan melalui media elektronik bisa disebut digital marketing.

Kenapa Fokus di Media Digital?

Peralihan ke ranah media digital didorong oleh para agensi-agensi pemasaran, pengusaha atau pemilik bisnis, dan juga konsumen. Sebagian besar media digital seperti website, media sosial dan mobile advertising lebih mudah untuk ditelusuri dibandingkan media tradisional seperti iklan cetak.

Bagi para pemilik bisnis atau pengusaha, berbagai bentuk iklan digital juga tergolong murah. Terhubung dengan konsumen melalui media sosial dan e-mail marketing bagi mereka lebih terjangkau dan mudah daripada menggunakan iklan cetak dan surat. Saluran digital ini tersedia untuk berbagai macam bisnis dengan skala besar maupun kecil. Misalkan bagi para pemula dalam hal bisnis atau konsultan-konsultan mandiri yang membuka bisnis baru.

Bagi para konsumen, cepatnya ritme hidup saat ini membuat iklan digital sangat penting. Ketika konsumen membutuhkan suatu produk dan jasa, mereka tak perlu lagi repot membuka daftar nomor telepon untuk menghubungi penjual barang dan jasa. Tinggal cari  melalui ponsel atau komputer dan voila! ketemu. Semudah itu.

Gunakan Media Digital Untuk Membangun Bisnis dan Brand

Hal paling mendasar dari usaha pemasaran anda adalah website yang anda kelola. Maka dari itu, kelola website anda dengan bijak dan pastikan bahwa website tersebut memiliki :

  • Representasi dari bisnis dan brand anda (tampilan dan suasana, layanan pesan)
  • Target pasar (konsumen yang potensial) yang jelas
  • Mudah ditemukan dan termasuk daftar teratas dari hasil pencarian
  • Informasi terbaru dan mudah digunakan
  • Banyak saluran komunikasi di mana konsumen bisa menghubungi anda
  • Link atau terhubung dengan strategi pemasaran yang lain

Dan apabila anda tertarik untuk lebih agresif dengan search marketing, anda bisa menyisihkan dana untuk jasa search engine optimization dan iklan pay-per-click. Karena banyak bisnis bergantung pada pencarian online akan mendatangkan konsumen. Tunggu dulu. Website anda harus dikelola dengan kata kunci, meta data, konten halaman dan strategi penghubungan yang dapat membantu website anda muncul dalam barisan teratas hasil pencarian.

Selain e-mail, social media marketing dan search engine marketing, anda bisa mencoba menggunakan alternatif saluran pemasaran lain untuk memperkuat peran digital marketing. Contohnya saja mobile advertising, radio, televisi, billboard elektronik dan lain-lain. Apapun yang anda pilih nantinya harus tetap terhubung dan terikat dengan pondasi usaha anda, website anda.

Jika anda memiliki budget lebih, anda bisa menggunakan jasa agensi digital marketing untuk membantu mengelola kegiatan pemasaran bisnis anda. Beberapa agensi digital marketing saat ini menawarkan berbagai level pelayanan pemasaran untuk usaha kecil dan besar.