Strategi Internet Marketing — Dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, orang-orang kini begitu sibuk dan hampir tidak ada waktu untuk up-to-date akan brand, produk atau proyek baru dalam konteks offline marketing.

Nah, sekarang coba kalian rasakan sendiri deh, lebih banyak online atau offline nih kegiatan kalian? Dengan hadirnya internet, hampir semua hal dalam hidup kita beralih ke ranah online. Medianya lebih kepada computer, ponsel, tablet pc. Bahasa kerennya sih, going digital.

Dalam ranah pemasaran, internet marketing ini memungkinkan pelanggan mengakses informasi terkait suatu produk di mana pun dan kapan pun. Jika sudah begitu, internet marketing menjadi berkah bagi pemilik bisnis, di mana mereka dapat membangun citra perusahaan mereka melalui internet marketing dan dapat mencapai pelanggan secara global.

Meningkatnya Pengguna Smartphone

Pada era digital ini, smartphone seolah mengatur hidup kita. Semua hal yang kita butuhkan tersedia dan bisa diakses melalui smartphone. Dengan begitu, peluang untuk memanfaatkan smartphone sebagai pendorong bisnismu semakin besar. Pelanggan bisa mengakses detail produk anda secara online hanya melalui ponsel, komputer atau tablet.

Harga Bersahabat

Satu lagi alasan kenapa internet marketing layak dipilih adalah harganya yang terjangkau. Kalian tidak perlu membayar mahal untuk pasang iklan di media-media konvensional seperti iklan cetak dan sebagainya. Promosikan produk anda secara online melalui media social anda dan tentunya itu jauh lebih terjangkau.

Feedback Cepat

Salah satu kelebihan internet marketing adalah memungkinkan baik penjual dan pembeli untuk saling memberikan feedback teradap produk yang dijual. Bagi para pengusaha pemula, tak perlu melakukan riset pasar secara offline yang memakan waktu lama. Dengan survei digital, haltersebut bisa lebih cepat dilakukan.

Brand Lebih Cepat Dikenal

Pemasaran online telah membuktikan manfaatnya pada reputasi brand anda. Melalui feedback yang cepat serta para pelanggan yang merasa puas, para pengusaha dapat menjangkau pelanggan potensialnya. Hal ini kemudian bisa membawa brand anda dikenal tak hanya oleh pelanggan di sekitar anda, namun juga bisa menjangkau pelanggan lebih banyak dan luas jika dikelola dengan baik.

Layanan Optimal

Era digital ini memungkinkan bisnis anda dalam mode ‘tersedia’ setiap saat. Produk barang dan jasa anda dapat diakses pelanggan kapan pun, sesuai waktu yang mereka kehendaki. Inilah alas an mendasar kenapa pengusaha biasanya memberi usaha lebih pada internet marketing campaign.

Kunci Strategi Internet Marketing

Internet marketing dapat dijalankan melalui berbagai cara, antara lain :

  • Website dan konten SEO
  • Blog
  • Iklan banner di internet
  • Konten video online
  • Pay-per-click (PPC) advertising
  • Email marketing
  • Social media marketing (Facebook, Twitter, LinkedIn, etc.)
  • Mobile marketing (SMS, MMS, etc.)

Ketika seorang pelanggan mengunjungi toko, tak jarang mereka hanya melihat barang-barang dan pulang tanpa membeli apa pun. Begitu juga pada ranah online. Pelanggan bisa melihat produk-produk yang anda tawarkan (atau bahkan sampai tanya-tanya), tapi kemudian tidak membeli. Strategi Internet Marketing membantu pemilik usaha untuk memanfaatkan taktik pemasaran, yang tidak hanya menarik pelanggan, tetapi target pelanggan yang sangat potensial dan akan menjamin kelangsungan hidup bisnis.