Kesalahpahaman Mengenai Digital Marketing Apa yang terlintas di pikiran Anda ketika mendengar “Digital Marketing”? Kalau Anda memikirkan segala hal harus berjalan secara online, perlu memahami dengan sangat baik perkembangan teknologi atau perlu menggandeng agensi yang ahli dalam hal pemasaran, tunggu dulu.

Perkembangan teknologi yang cukup pesat memang tidak diragukan lagi. Hal ini pun juga merambah ke ranah pemasaran. Maka kemudian muncul yang namanya digital marketing.

Karena masih baru, tak sedikit pula yang salah memahami tentang digital marketing ini. Berikut beberapa kesalahpahaman umum yang perlu dihindari ketika Anda mencoba digital marketing.

  1. Memakan waktu cukup lama, sedangkan hasilnya sedikit. Kebanyakan orang yang baru memulai digital marketing seringkali beranggapan bahwa sudah memakan waktu lama, namun hasil dari usaha tersebut masih saja sedikit. Well, tidak ada yang instan termasuk dalam urusan bisnis online. Memang mudah, tapi tetap butuh kesabaran dan ketelatenan untuk mengelolanya. Hasilnya memang lama, namun setelah bisnis online itu lancar, bisa mengalahkan bisnis offline.
  2. Sangat teknis dan sulit ditelusuri atau diukur. Berbicara tentang digital, tak sedikit orang beranggapan bahwa mereka harus memahami teknisnya. Harus sudah ahli. Tidak juga. Justru dengan bantuan internet saat ini, Anda bisa browsing sambil sesekali bertukar informasi dengan sesama pebisnis online.
  3. Perlu investasi tinggi. Inilah salah satu hambatan dalam memulai untuk menerapkan digital marketing. Beranggapan bahwa dengan melakukan digital marketing, Anda harus berinvestasi sangat banyak untuk modal usaha Anda. Misalnya saja perlu anggaran khusus untuk menggandeng agensi digital marketing atau ahli dalam bidang internet marketing dalam memasarkan produk Anda. Tidak perlu. Sekali lagi, internet saat ini memberikan berbagai kemudahan dalam hal apapun. Saatnya Anda manfaatkan.
  4. SEO itu tidak penting. Tunggu dulu. Justru “senjata” dari digital marketing ini salah satunya adalah melalui SEO. Memahami SEO tentu saja akan membuat Anda makin mudah memahami alur bisnis online Anda. SEO dapat dipelajari secara gratis jika Anda browsing di Google, di sana sudah banyak tips serta review mengenai SEO.
  5. Serba digital atau online. Bisnis online memang dilakukan dalam ranah online. Melalui Facebook, Twitter, hingga marketplace, Anda “membuka lapak” di sana. Yang penting online. Tanpa mengetahui cara dan strategi yang tepat, pelanggan juga tidak bisa datang ke toko online Anda. Ada teknik-teknik tertentu yang sebaiknya Anda pelajari untuk membuat pelanggan bisa mengunjungi toko online Anda sampai melakukan pembelian.

Dalam melakukan bisnis online dan menerapkan digital marketing, Anda harus selalu siap dengan perkembangan. Entah itu perkembangan teknologi atau perkembangan pasar. Dengan hadirnya internet, Anda bisa mempelajari segalanya secara gratis dan mudah. Karena di internet banyak sekali tulisan-tulisan mengenai tips serta review mengenai digital marketing, produk, hingga melakukan survei pasar pun bisa. Masih ragu menerapkan digital marketing?