Seringkah Anda mendengar kata “marketplace”? Lalu sebenarnya apakah marketplace itu? Marketplace adalah website yang mempertemukan banyak penjual dan  banyak pembeli. Pengelola marketplace menyediakan tempat, fasilitas dan infrastruktur agar penjual dengan pembeli bisa dengan mudah melakukan transaksi. Dengan kata lain, pengelola marketplace tidak menjual produknya sendiri, tidak punya stok produk dan hanya menyediakan fasilitas dan sistem.

Keberadaan marketplace di era digital sangat penting dimiliki oleh pemilik bisnis yang menawarkan produk. Untuk pemilik usaha, toko online ini berguna sebagai katalog yang menyediakan produk-produk yang dijual. Sementara untuk pembeli dapat menemukan dan memilih produk yang diinginkan secara langsung.

Salah satu kelebihannya adalah mampu menjadi mediator atau pihak tengah yang memastikan transaksi dilakukan dengan lebih aman. Secara sederhana, marketplace membuat mekanisme sebagai berikut agar transaksi menjadi lebih aman:

  1. Pembeli memilih barang, lalu saat membeli, transfer pembayaran dilakukan ke perusahaan marketplace (bukan transfer ke penjual)
  2. Perusahaan marketplace akan memberitahu ke penjual, bahwa sudah diterima pembayaran untuk produk A dan memintaminta penjual segera memproses dan mengirimkan paket barang ke alamat pembeli.
  3. Setelah barang diterima pembeli maka pembeli bisa konfirmasi bahwa barang sudah diterima (atau kadang sistem otomatis mendeteksi melalui resi pengiriman bahwa barang sudah diterima) maka perusahaan marketplace akan mentransfer pembayaran ke penjual.

Cara kerja ini ternyata cukup disukai oleh masyarakat Indonesia yang sebelumnya masih kurang percaya dengan transaksi online karena identik dengan penipuan. Oleh sebab itu konsep marketplace bertumbuh pesat di Indonesia. Berdasarkan data Sensus Ekonomi 2016 dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, industri e-Commerce Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir tumbuh sekitar 17% dengan total jumlah usaha e-Commerce mencapai 26,2 juta unit.

Melihat peluang tersebut, Kinetic Indonesia sebagai Konsultan Digital Marketing menawarkan jasa mengelola marketplace kepada klien kami @baransu_parts. Mulai dari pembuatan akun, pengambilan foto produk, hingga melakukan transaksi. Untuk memudahkan calon pembeli, kami membuat video tutorial cara berbelanja di marketplace, seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak.