Kini, banyak perusahaan mengandalkan MICE (Meetings, Incentives, Conventions, Exhibitions & Events) sebagai teknik promosi mereka. MICE penting untuk usaha mereka karena membantu perusahaan untuk tumbuh. Biasanya acara-acara MICE penting untuk usaha dan biasanya diselenggarakan secara besar-besaran.

MICE penting untuk usaha agar mengetahui kekuatan perusahaan, mengetahui audiens target mereka, efek dari acara yang diselenggarakan untuk komunitas maupun orang di sekitar. Acara MICE ini menjadi terobosan untuk marketing maupun komunikasi dengan para konsumen.

Tak hanya itu, MICE penting untuk usaha karena mengandalkan teknologi saja untuk berkomunikasi dengan konsumen akan berbahaya. Perusahaan harus “hadir” secara nyata dengan adanya kegiatan MICE. Adanya kegiatan MICE dapat menjalin hubungan yang lebih dekat dengan para konsumen.

Bentuk-bentuk kegiatan MICE antara lain seperti launching produk, konferensi pers, meeting, konferensi; acara marketing seperti road show, grand opening; hingga acara-acara menarik konsumen dengan hospitality seperti konser, malam penghargaan, premiere, pesta, fashion show, pernikahan, dan sebagainya.

Untuk menyelenggarakan MICE ini, biasanya perusahaan akan menggunakan event management dalam menangani acara hingga keseluruhan, dari kreatifitas, masalah teknis, logistik, dan hal-hal lainnya yang penting agar acara dapat berlangsung.

Namun, agar acara tersebut tampak menarik, berikut ini adalah tips-tips untuk membuat MICE.

 

Berikan inovasi karena MICE penting untuk usaha

Berikan ide-ide tergila Anda dan perkenalkan kepada calon konsumen maupun konsumen lama Anda. Ganti B2C ke B2B dengan mengaplikasikan prinsip “User first and the rest will follow”. Saat para organizer mendahulukan tamu-tamu mereka, mereka akan merasa “diterima” dengan hangat.

Ingin memberitahu jika perusahaan Anda lebih baik daripada perusahaan-perusahaan lain? Namun, siapa yang peduli tentang hal ini? Nah, daripada memberitahu kehebatan perusahaan Anda, dengarkan apa yang mereka pedulikan dan bagaimana Anda memosisikan perusahaan Anda dalam masalah tersebut.

 

Berikan Personalised Experience

Survei sebelum dan setelah acara memang penting. Namun, coba kali ini berbicara dengan para hadirin di acara MICE Anda secara personal.

Ada baiknya jika sebelumnya Anda mendiskusikan acara ini dengan semua divisi tentang bagaimana pelanggan Anda dan apa yang biasa diinginkan pelanggan Anda. Jika Anda bekerja sama dengan event manager, Anda bisa mendiskusikan ini serta mencari bagaimana konsep acara yang tepat untuk perusahaan Anda. Lebih mudah, bukan?

 

Untuk mengonsep acara-acara MICE ini, Anda juga bisa berdiskusi dengan konsultan digital marketing Anda. Konsultan digital marketing akan menyarankan Anda langkah-langkah pemasaran yang tepat baik digital maupun konvensional.