Website merupakan teknologi informasi terbaik saat ini sebagai sarana pertukaran informasi dengan sangat cepat, mudah dan tanpa batasan. Artinya, konsumen maupun calon konsumen akan dengan sangat mudah mendapatkan informasi bisnis maupun perusahaan secara lengkap dan akurat kapanpun dan dimanapun. Tidak hanya informasi, bahkan saat ini transaksi sudah mulai banyak dilakukan melalui website. Secara umum terdapat tiga manfaat website yang sangat penting, baik untuk bisnis perseorangan dan perusahaan, atau bahkan lembaga lainnya seperti organisasi, sekolah, instansi pemerintah dan sebagainya, yaitu :

  1. Membangun Reputasi
    Salah satu faktor keberhasilan bisnis adalah memiliki reputasi yang baik. Untuk menciptakan reputasi yang baik, diperlukan perencanaan strategis. Tersedia berbagai media yang dapat dimanfaatkan, salah satunya adalah website. Saat ini sudah banyak bisnis perseorangan atau perusahaan yang memiliki website yang dibuat secara khusus dengan desain khusus dan ciri khas tersendiri. Selain itu, tersedianya informasi yang lengkap dan jelas serta mudah dijangkau dalam sebuah website akan membantu meningkatkan perusahaan dihadapan konsumen atau calon konsumen sehingga bisnismu dapat lebih dipercaya.
  2. Media Promosi dan Transaksi 24 Jam
    Website yang dikelola dengan baik dapat mendatangkan konsumen baru kapan saja dengan jumlah yang lebih banyak tanpa perlu mengganggu kesibukan lainnya. Konsumen dapat masuk ke website kapan pun, baik siang ataupun malam. Dengan cara ini, konsumen dapat dilayani setiap saat, 24 jam sehari. Hal ini pula yang membuat konsumen merasakan kemudahan dan berpotensi menjadi pelanggan setia.
  3. Virtual Asset Bisnis
    Segala sesuatu yang menghasilkan pemasukan adalah aset. Begitu juga dengan website, ini berarti nilai bisnis juga sangat berharga. Jadi perlu adanya usaha dari pemilik/pengelola bisnis untuk merawat dan mengelola sebuah website agar tetap mendatangkan pemasukan secara berkelanjutan.

Sehingga dapat disimpulkan website adalah ujung tanduk suatu bisnis. Hasil kerjamu di sosial media sampai online ads, semua akan bermuara di website. Sehingga penting untuk menggunakan jasa konsultan digital marketing dalam proses pembuatan dan pengelolaan website agar hasilnya maksimal.