E-commerce adalah trend bisnis masa kini, tumbuh bagaikan jamur di musim hujan. Seorang pebisnis online yang ingin sukses harus memehartikan banyak hal, salah satunya web hosting. Web Hosting akan membantu menjalankan e-commerce tanpa perlu khawatir akan network yang buruk. Tapi lebih jelasnya, apa sebenarnya e-commerce web hosting itu? Mari kita simak penjelasan dibawah ini :

Jual beli barang atau jasa melalui website biasa disebut e-commerce. Website tersebut dapat digunakan untuk mempromosikan barang atau jasa, mengiklankan produk, menawarkan promo, dan memasuki target penjualan dengan cara yang lebih mudah. Pelanggan akan membuat pesanan mereka dengan melakukan browsing pada website Anda kemudian mereka akan mengirimkan pembayaran melalui merchant account, yang kemudian akan melakukan transfer pembayaran ini ke rekening bank Anda. Untuk memudahkan semua proses tersebut, harus ada web hosting sendiri.

Manfaat paling penting memiliki website e-commerce sendiri adalah meningkatnya awareness akan produk dan layanan yang disediakan. E-commerce beroperasi dengan ribuan produk dan layanan yang tersedia untuk pembelian online selama 24 jam sehari selama 7 hari seminggu. Proses pembelian pun dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja sehingga sangat penting memiliki koneksi permanen website Anda ke internet. Web hosting merchant account menyediakan kebutuhan dasar dalam e-commerce tersebut. Mereka menyediakan sebuah link yang memungkinkan website Anda untuk menempati ruang pada server web mereka sendiri, dimana semua informasi tentang situs Anda akan disimpan. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan aksesibilitas terhadap website kapanpun.

Selain itu sangatlah penting memastikan layanan e-commerce web hosting yang Anda gunakan menawarkan kemampuan pemrosesan pembayaran seperti SSL (Secure Sockets Layer). SSL adalah sebuah protokol komunikasi yang menyediakan keamanan tingkat tinggi. SSL sangat penting karena ada informasi sensitif, seperti nomor kartu kredit, yang perlu dienkripsi untuk memastikan bahwa informasi yang masuk benar-benar aman untuk Anda maupun pelanggam, sehingga mencegah terjadinya penipuan.

Tanpa web hosting yang tepat, website e-commerce akan bekerja dengan inkonsisten. Layanan e-commerce web hosting mutlak diperlukan untuk mencapai keberhasilan yang berkelanjutan untuk sebuah bisnis online. Jika anda merasa terlalu banyak yang harus diperhatikan ketika memiliki e-commerce, maka sebaiknya proses pembuatan dan pengelolaan dikonsultasikan kepada konsultan digital marketing yang tepat dan terpercaya.