Setelah Instagram luncurkan fitur live streaming, kini semua platform pun memiliki fitur live streaming. Tak terkecuali e-commerce. Live streaming untuk marketing mampu menjadi pilihan yang tepat. Mengapa? Berikut adalah alasan mengapa Anda perlu mempertimbangkan live streaming menjadi salah satu kiat marketing Anda.  

 

Live Streaming untuk Marketing : Bentuk Video Marketing yang “Natural”

Video marketing tentu sangat penting untuk pemasaran. Namun, live streaming untuk marketing juga lebih pas karena lebih interaktif dengan para konsumen maupun calon konsumen Anda. Live streaming ini tak perlu editing, alat-alat rekam video yang mahal, dan sebagainya. Tinggal kamera ponsel yang bagus (dan mampu merekam dalam kualitas HD) dan koneksi internet yang stabil, sudah. Tidak begitu repot, bukan?

 

Lihat Lebih Jauh : Behind The Scenes

Menjadi “transparan” merupakan hal terpenting bagi para pelanggan Anda. Mereka ingin tahu behind the scenes dari kantor brand favorit mereka, bagaimana pembuatan produk favorit mereka, dan sebagainya. Dengan adanya Instagram, mereka dapat memberikan apa yang ada “dibalik layar”.  

 

Nah, dengan adanya live streaming untuk marketing, pengalaman behind the scene pun akan lebih terasa. Seperti halnya, memberikan tur keliling perusahaan Anda secara gratis dan real-time.

 

Berikan Wawasan

Wawasan di sini bukan berarti wawasan mengenai produk Anda saja. Tapi, Anda juga bisa menjual wawasan atau edukasi. Misalnya, Anda bisa memberikan edukasi mengapa produk Anda bebas gluten atau pembahasan seputar gluten, dan sebagainya. Ini akan menambah nilai untuk perusahaan Anda.

 

Dengan adanya live streaming, target konsumen Anda akan berdatangan dan berinteraksi dengan Anda. Anda tinggal membahas diskusi Anda dan semua orang mampu menanyakan pertanyaan mereka. Bahkan, Anda bisa memutar ulang live stream Anda nanti dan jadikan video konvensional biasanya. Nah, what could be better than this? Tak hanya live stream saja, kan?

 

Engagement dari Satu Konsumen ke Konsumen Lainnya

Seperti Periscope di mana para penonton bisa berinteraksi dengan satu sama lain, live stream ini dapat membantu Anda membuat komunitas sendiri. Jika konsumen-konsumen Anda dapat berinteraksi melalui live stream Anda, mereka akan mempromosikan brand Anda sebagai komunitas dan meningkatkan user experience Anda. Lagipula, membuat komunitas tidak bisa membuat secara artificial, bukan? Anda harus membuatnya secara natural.

Live streaming telah membuat video marketing ke level selanjutnya. Namun, jangan sampai salah strategi dalam membuat live streaming atau salah konsep! Ini dapat membuat nilai perusahaan Anda juga menjadi turun. Maka dari itu, peran konsultan digital marketing sangat dibutuhkan. Mereka dapat membantu Anda brainstorming ide live streaming dan strategi-strategi lainnya.