Saat ini, instagram bukan hanya menjadi media sosial untuk sekedar berbagai foto. Namun juga sebagai platform bagi pebisnis untuk memasarkan produknya dalam bentuk digital marketing. Sehingga semakin banyak pengguna yang melakukan transaksi jual beli melalui instagram. Untuk membuat bisnis Anda dikenal luas oleh pengguna instagram khususnya target konsumen, diperlukan strategi marketing yang sesuai. Ada beberapa macam strategi promosi untuk menjangkau target pasar diantaranya adalah endorsement hingga Instagram Ads.

 

Meskipun endorsement melalui influencer dianggap memberikan respon positif terhadap angka penjualan, namun Instagram Ads juga tidak kalah unggul dalam menjangkau target konsumen di media sosial. Ada empat tipe Instagram Ads yang harus Anda tahu untuk mengoptimalkan bisnis.

 

Jenis-jenis Instagram Ads

 

Stories Ads (Iklan Cerita)

Tipe iklan instagram ini sering muncul diantara postingan instastory akun-akun yang diikuti. Iklan dapat berupa foto dan video, dilengkapi juga dengan tombol CTA (call-to-action). Beberapa jenis tombol CTA adalah Listen Now, Shop Now, Swipe Up, dan lain sebagainya.

 

Photo Ads (Iklan Foto)

Seperti namanya, iklan ini hanya berupa postingan foto dengan format persegi atau landscape dilengkapi caption pendukung. Tipe ini termasuk instagram ads yang paling sederhana karena hanya mengambil salah satu dari postingan di akun bisnis Anda.

 

Video Ads (Iklan Video)

Tidak berbeda jauh dengan Photo Ads, iklan video ini juga tayang di halaman timeline akun instagram menggunakan format persegi atau landscape. Melalui iklan video, Anda dapat mempromosikan produk secara audio visual. Saat ini, instagram telah memfasilitasi iklan video berdurasi maksimal 60 detik.

 

Carousel Ads (Iklan Carousel)

Apabila Anda ingin menampilkan beberapa pilihan produk atau video promosi sekaligus, Carousel Ads dapat menjadi pilihan yang tepat. Karena Iklan Carousel menyediakan slot 2 hingga 10 gambar atau video dalam satu postingan sekaligus.

 

Dalam meningkatkan brand awareness melalui Instagram Ads, Anda harus mengetahui strategi digital marketing yang sesuai. Jangan sampai Anda salah mengunggah postingan yang tidak berpotensi menggaet target konsumen. Disinilah peran   dibutuhkan untuk mengoptimalkan bisnis melalui Instagram Ads agar sesuai sasaran.