Dalam tren marketing digital tahun ini, video marketing telah diprediksi akan menguasai tren media saat ini. Patricio Cummins, vice president of sales dari Ooyala, perusahaan telekomunikasi asal Australia, berpendapat bahwa dalam tren video marketing, cara terbaik untuk survive dalam tren video marketing adalah dengan hanya “mengikuti arus” tren dengan perencanaan yang teliti.

 

Pengalaman visual seperti video pendek, meme, dan animasi sedang ramai-ramainya memenuhi tren digital marketing dan menjadi “ujung tombak” para perusahaan dalam berpromosi. Sebuah riset yang dilakukan oleh HubSpot di tahun 2017, terdapat 54% dari konsumen lebih melihat konten video daripada foto.

 

Berikut adalah kiat-kiat untuk menghadapi arus tren video marketing

 

Aim and Shoot

Little did they know, membuat video marketing bisa sangat cepat dan murah. Bagaimana tidak, semua orang sekarang memiliki ponsel dan jika mereka memiliki kemampuan dalam audio-visual, mereka bisa membuat sebuah konten. Karena meningkatnya permintaan produksi konten video, banyak perusahaan-perusahaan di Australia mulai menyuruh para karyawannya untuk membuat video sendiri dan menaruh video-video tersebut dalam situs mereka. Maka dari itu, banyaknya tuntutan kreatif ini membuat semakin banyak konten video yang dihasilkan. Namun, hati-hati, video yang “asal buat” malah terlihat seperti video yang akan masuk ke junk mail.

 

Buat strategi

Video pemasaran yang efektif adalah pemasaran yang memberikan hasil terbaik dalam investasi untuk meningkatkan penjualan. Maka dari itu, dibutuhkan strategi yang tepat. Strategi yang tepat ini harus memberikan pesan-pesan kunci yang ingin disampaikan. Jangan lupa hitung berapa video yang akan dihasilkan dan skrip harus benar-benar sudah disediakan.

 

Tapi, strategi-strategi ini tidak akan selesai setelah tahap produksi. Untuk perusahaan yang ingin terus membuat video-video pemasaran sebagai cara marketing mereka, mereka harus mulai berpikir sebagai studio produksi dan mulai membuat mini produksi media yang bertugas untuk membuat video-video “killer”. Mulailah buat “mini studio produksi” dan pikirkan tentang video-video yang akan dibuat, editing, dan sebagainya.

Lakukan secara profesional

Dalam membuat video-video marketing, tetap lakukanlah secara profesional. Jangan terlihat “asal buat” yang nantinya akan dihapus dari inbox sang penerima e-mail.

 

Dalam pembuatan video marketing ini, peran konsultan digital marketing juga penting agar video tampak sangat profesional, bermakna, dan tentunya akan meningkatkan penjualan Anda. Dengan pengalaman dan riset data dari konsultan digital marketing, mereka mampu menemukan strategi dan konsep-konsep video untuk keperluan marketing yang pas untuk Anda.