Digital Marketing Tools — Setelah mengenal digital marketing dan perannya dalam bisnis kita, kali ini akan dibahas tentang digital marketing tools. Apa itu? Saluran-saluran apa saja yang digunakan untuk mendukung strategi pemasaran digital. Ada apa saja? Yuk simak penjabarannya.

Digital Marketing Tools : Content Marketing

Salah satu tools dalam digital marketing adalah content marketing. Menulis artikel atau berita terkait bisnis kita tidak bisa sembarangan. Konten artikel haruslah informatif, ada aspek keterlibatan dan bisa dibagikan. Tulisan tersebut juga harus mengandung kata kunci yang dapat dengan mudah ditemukan dalam hasil pencarian Google.

Digital Marketing Tools : Email Marketing

Email dapat dianggap mengganggu oleh pelanggan, terutama jika tidak dikirimkan dengan baik dan kontennya tidak memiliki signifikansi terkait bisnis. Rencanakan dengan baik kapan mengirimkan email kepada pelanggan dan pastikan konten email tersebut masih relevan dengan bisnis yang Anda jalankan. Fungsi email marketing selain untuk media promosi, juga sebagai media komunikasi dengan pelanggan. Misalnya saja untuk pertanyaan layanan pelanggan.

Digital Marketing Tools : Website

Website merupakan komponen penting dalam strategi digital marketing bisnis Anda. Untuk itu, Anda perlu mengelola website anda dengan baik dan memastikan fungsinya berjalan sebagaimana mestinya. Website Anda harus rapi. Letakkan informasi pada homepage dan pastikan informasi tersebut meyakinkan namun tetap informative. Dan juga masukkan informasi lebih banyak mengenai bisnis Anda daripada iklan.

Digital Marketing Tools : SEO

Caranya adalah dengan menyajikan konten yang unik dengan kata kunci yang banyak dicari oleh para pelanggan. Masuk dalam halaman pertama hasil pencarian membuka kesempatan bagi bisnis Anda untuk diketahui oleh para pelanggan dan calon pelanggan Anda.

Digital Marketing Tools : Tampilan Mobile

Mengatur tampilan website Anda agar mudah diakses melalui ponsel juga salah satu cara Anda ‘memasarkan’ website Anda. Dengan akses yang mudah melalui berbagai jenis gadget, pelanggan tentu akan mudah mengakses informasi di website langsung di gadget yang sedang mereka gunakan.

Digital Marketing Tools : Social Media

Saat ini media social telah menjadi bagian dari semua strategi digital marketing pada berbagai perusahaan. Melalui media social tersebut, pebisnis dapat terhubung dengan banyak pelanggannya kapan pun dan di mana pun. Selain itu, pelanggan juga dapat member serta menerima feedback dengan cepat melalui media social mereka, seperti Facebook atau Twitter.

Digital Marketing Tools : Analisis Efektif

Inilah hal yang paling penting dalam strategi digital marketing Anda. Dari analisis inilah diketahui seberapa bagus usaha digital marketing yang telah Anda lakukan serta dampaknya dalam penjualan. Selain itu, hal apa saja yang kurang dari strategi digital marketing sebelumnya juga dapat dilihat. Analisis yang efektif dapat membantu bisnis Anda memiliki solusi yang kuat pada tiap kendala yang dihadapi.

Dengan menjalankan berbagai tools di atas secara terpadu, strategi digital marketing Anda akan membawa bisnis Anda menuju masa depan yang lebih baik. Mulailah dari elemen-elemen di atas dan lakukan secara kontinyu. Memperoleh bantuan dari pakar digital marketing tentunya akan membantu perkembangan bisnis Anda ke arah yang lebih baik.