Dunia Digital marketing adalah bidang yang sangat dinamis. Saat ini konsultan digital marketing berinovasi dengan strategi yang beragam. Namun tetap ada enam hal dasar yang menjadi pondasi yang perlu kita tahu.

  1. User Centered Website
    Memiliki website yang berkualitas adalah salah satu penentu sukses atau tidak bisnismu. Dapat dikatakan website adalah wadah akhir semua hasil kerjamu di sosial media sampai online ads. Website adalah tempat dimana pelanggan potensial melakukan real deal dan pelanggan mendapatkan informasi resmi dan terpercaya.
  2. SEO – Search Engine Optimation
    Dalam dunia digital marketing beberapa tahun ini muncul istilah “SEO is dead”. Search Engine Optimation (SEO) tidaklah benar-benar mati. Bagian “mati” dari SEO hanya adanya campur tangan perusahaan search engine untuk meminimalisir efek dari SEO / mencoba “menghukum” situs-situs yang menggunakan praktik SEO secara berlebihan. Nyatanya SEO tetap menjadi teknik andalan dan terbukti berhasil selama bertahun-tahun yang lalu dan tetap berlaku demikian di masa depan.
  3. SEM – Search Engine Marketing
    SEM adalah teknik pemasaran produk (website bisnis) dengan membayar pengiklan yang menyediakan jasa tersebut. Facebook Ads, Google Adwords, Yahoo Search Marketing, Bing, Ask, Baidu, Yandex adalah contoh dari SEM. SEM sendiri melibatkan berbagai hal seperti SEO, analisa kata kunci, harga pembayaran iklan, dampak dari kata kunci perbulan, dan efek lainnya yang akan membantu meningkatkan pemasaran produkmu.
  4. Social Media Marketing
    Sosial media adalah media yang memperbesar volume permasaran dari mulut ke mulut. Online review dan percakapan di media sosial dapat menaikkan dan menghancurkan citra bisnis lebih cepat dari apa yang kamu bayangkan. Sosial media masih menjadi hal yang cukup ditakuti oleh pengusaha, namun kekhawatiran itu dapat ditangani dengan perencanaan strategis dalam mengelola sosial media.
  5. UX Design – User Experience Design
    User Experience Design bukan sekedar fokus pada estetika website. UX design memberikan pengalaman yang tidak terlupakan kepada pengunjung hingga terjadi konversi (perubahan dari pengunjung menjadi pengguna dan pelanggan), bahkan merekomendasikan kepada orang lain.
  6. Email Marketing
    Email marketing adalah percakapan antara kamu dengan pelanggan ataupun calon pelanggan. Tak hanya itu, email marketing juga dapat menarik pelanggan baru dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Meskipun email tidak seefektif 10 atau 15 tahun lalu, tapi masih sangat relevan sampai saat ini.

Enam hal dasar diatas tidak banyak berubah, masih relevan dan hanya menyesuaikan dengan desain dan trend yang berkembang saat ini. Jadi buat anda yang ingin mempelajari dunia digital marketing lebih dalam, perlu wajib dan tahu enam hal di atas.