Brand activation atau aktivasi merk ini merupakan strategi marketing para perusahaan untuk branding. Brand activation untuk perusahaan ini adalah sebuah kegiatan dimana para target audiens dapat menggunakan secara langsung produk maupun layanan brand. Namun, brand activation ini tak bisa dilakukan sembarangan.

Brand activation untuk perusahaan ini dapat terlaksana secara efektif dan tepat sasaran pada target audiens jika dilaksanakan dengan tepat. Sehingga, muncul trust kepada brand. Trust ini yang akan menuntun pada rasa loyal antara konsumen dan brand. Semakin kuat hubungan emosional diantara perusahaan serta pelanggan, maka interaksi pun lebih berkualitas dan konsumen pun akan lebih sering membeli produk.

Brand activation untuk perusahaan kini dilakukan secara offline

Brand activation ini dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan, baik online maupun offline. Secara online, perusahaan dapat berkomunikasi lebih dekat lewat media sosial serta aktivasi komunitas via media sosial. Sedangkan, secara offline, aktivasi merk bisa dilakukan dengan melakukan bazaar, pop-up booth, melakukan turnamen olahraga, festival musik, hingga roadshow.

Contohnya, susu Zee melakukan aktivasi merk melalui roadshow ke sekolah-sekolah di Surabaya. Brand activation secara offline ini dilakukan dengan cara memberikan sample susu serta mengenalkan Battle Spin Competition di beberapa sekolah-sekolah dasar di Surabaya. Di dalam roadshow ini, murid-murid sekolah dasar mampu mengenali brand susu Zee dan merasakan secara langsung manfaat dari kualitas premium produk tersebut. Mereka juga mampu berinteraksi langsung dengan merk.

Brand activation untuk perusahaan ini penting untuk dilakukan karena dapat membuat perusahaan tersebut menonjol di tengah ramainya “pesan komunikasi” marketing yang dilakukan oleh banyak perusahaan kompetitor. Jika target audiens dapat berinteraksi secara langsung dengan produk, maka pengambilan keputusan untuk membeli akan menjadi lebih mudah.

Dalam membuat brand activation, diperlukan strategi dan perencanaan yang sangat hati-hati agar dapat dirasakan pada target audiens. Agar tidak sembarangan dan malah salah sasaran, konsultan digital marketing mampu membantu dengan beberapa strategi untuk brand activation offline. Strategi yang tepat tentu membuat kegiatan brand activation offline Anda berhasil dan ada pengaruh positifnya pada bisnis.