Hari Pers Nasional (HPN) 2019 akan dirayakan di Surabaya, Jawa Timur dan akan dihadiri berbagai media cetak, media digital, televisi, radio, kementrian, BUMN, hingga UMKM. Pameran Pers akan diadakan pada tanggal 7 hingga 9 Februari 2019 di Grand City Mall Surabaya. Kali ini, tema Hari Pers Nasional yang diangkat adalah “Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital”. Tema akan lebih berpusat tentang bagaimana transformasi media ke era digital, dapat mendongrak perkonomian rakyat.

 

Menurut survei Nielsen Consumer & Media View hingga triwulan ketiga 2017, tingkat minat masyarakat pada media cetak sudah sangat-sangat merosot dibandingkan media digital. Masyarakat lebih beranggapan bahwa informasi harusnya bisa didapat secara gratis. Tak hanya itu, media digital pun diperbarui secara real time dan membuatnya semakin update sehingga popularitasnya meningkat.

 

Maka dari itu, adanya transformasi media ke era digital pun sangat membantu dalam perekonomian. Terutama dalam segi bisnis sektor kecil hingga menengah. Mereka memberikan info secara real time tentang kenaikan dan penurunan harga sembako ataupun naik turunnya dollar, dan ini sangat penting bagi mereka.

 

Transformasi media dan perannya dalam menguatkan UKM

 

Tak hanya itu, sebagian media digital yang tumbuh di masyarakat ini biasanya sangat mudah untuk diajak kerja sama. Untuk para UMKM, mereka membutuhkan liputan untuk meningkatkan penjualan. Media digital menjadi pilihan karena popularitas, mudah diakses orang banyak, serta lebih update.

 

Contohnya, sebagai siasat pemasaran, Kalyana Indonesia menggunakan transformasi media menjadi digital untuk meningkatkan penjualan. Brand tas lokal Indonesia premium asal Surabaya ini terus menjalin kerjasama yang baik dengan media digital. Kalyana pernah muncul di Tribun News, dan sebagainya. Berangkat dari liputan media-media digital ini, Kalyana berhasil mendapatkan perhatian dari mancanegara, seperti Australia, Jerman, hingga Rusia.

 

Acara-acara Kalyana pun tak luput dari mata media digital. Adanya liputan-liputan dalam media digital ini akan semakin membuat para calon pembeli tertarik. Mereka akan yakin dengan kredibilitas toko sebagai produsen tas premium dan tergerak untuk membeli produk mereka. Tak hanya itu, mereka juga berhasil membangun brand company yang ingin dicapai.

 

Namun, karena jumlah media digital terus bertambah pesat karena mudahnya untuk membangun media digital, diperlukan konsultan digital marketing untuk mempertemukan UMKM dengan para pemilik media digital yang pas dan kredibel.