Sistem Likes di Instagram Mulai Hilang? Ini Dia Alasannya!

Instagram merupakan aplikasi sosial media yang terkenal bagi banyak kalangan. Aplikasi ini berfokus pada unggahan berupa foto atau video di feeds atau snapstory. Banyak yang sudah menggunakan Instagram ini sebagai sarana dalam berbisnis maupun mempromosikan sebuah event yang akan berlangsung. Singkatnya, Instagram merupakan sosial media yang fleksibel dan bisa digunakan sesuai keperluan. Nah, salah satu fitur yang ada di Instagram adalah “likes”. Namun, jika Anda perhatikan kembali, fitur tersebut sudah tak lagi tampak dalam sebuah unggahan. Likes di Instagram menghilang bukan tanpa tujuan. Simak ulasan berikut untuk info selengkapnya.

Alasan likes di Instagram menghilang adalah untuk kesehatan psikologis dan mental bagi penggunanya. Bagaimana bisa? Hal ini dikarenakan platform media sosial seperti Instagram menjadi salah satu tempat untuk seseorang menunjukan jati dirinya dan mencari aktualisasi diri yang dia inginkan. Likes telah beralih fungsi sebagai suatu ukuran untuk seseorang bisa menilai bahwa dia sudah cukup presentable atau belum. Nah, masalah psikologis ini rupanya ingin diperbaiki oleh pihak dari Instagram. Maka dari itu, fitur likes ini disembunyikan bagi siapa yang melihat konten – konten dari sebuah akun. Namun, pemilik akun sendiri masih bisa melihat banyaknya likes yang diterima dari masing – masing konten yang diuanggah di feed.

Selain itu, dari segi bisnis, tampaknya Instagram pun ingin para pebisnis fokus pada interaksi mereka dengan calon pelanggan, bukan pada banyaknya likes. Dengan begitu, tujuan Instagram sebagai platform bisnis pun bisa terwujud. Terlebih lagi banyaknya likes kerap berbanding terbalik dengan kondisi interaksi suatu akun bisnis dengan pelanggannya. Untuk itu, hilangnya jumlah likes pada unggahan Instagram bermaksud mengajak para business owner untuk meningkatkan interaksi supaya transaksi bisnis pun bisa terlaksana dengan baik.

Selain itu, pihak dari Instagram ingin membuat penggunanya untuk lebih fokus ke konten dari sebuah post daripada jumlah likes yang ada di dalam sebuah post. Hal ini demi menghindari konten – konten yang tidak bermutu dan terkesan kontroversial. Jadi jangan khawatir walaupun likes di Instagram disembunyikan bukan berarti Anda tidak bisa menunjukan konten ke dunia! Jadi, be smart dalam menggunakan sosial media ya! Apabila Anda masih kurang memahami algoritma Instagram ini, ada baiknya Anda berdiskusi dengan tim integrated brand communication agency dalam mengelola bisnis di Instagram. Selamat mencoba!

Recommended Posts