Checklist untuk Fitur Instagram Price Tag

Semakin bertambah tahun Instagram kini mulai mengembangkan fiturnya untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya. Bagi Anda yang sering membuka Instagram, baik untuk berbisnis atau berbelanja online, tentu pernah menjumpai sebuah unggahan produk dengan label harga tertera. Hal tersebut tentu saja akan sangat memudahkan bagi kedua belah pihak, bukan? Nah, apabila Anda penasaran dengan cara mendapatkan fitur Instagram Price Tag ini, ada baiknya Anda perhatikan checklist berikut!

Langkah 1 : Pastikan Anda memenuhi syaratnya

Syarat yang terdapat pada langkah pertama ini meliputi lokasi bisnis, menjual barang fisik, akun Instagram yang digunakan merupakan akun bisnis yang terhubung ke halaman Facebook, serta telah memenuhi kebijakan perdagangan dari Instagram. Untuk informasi detail lokasi, Anda bisa simak table di bawah ini.

Sedangkan untuk detail kebijakan perdagangan Instagram, bisa Anda cek di sini.

Langkah 2 : Pastikan terhubung dengan katalog

Selanjutnya, Anda bisa hubungkan profil bisnis Instagram Anda ke katalog Facebook. Untuk melakukan ini, ada 2 opsi yang bisa Anda pilih. Yang pertama, tambahkan bagian toko ke halaman Facebook Anda. Buka halaman Facebook Anda, klik Tab toko “Shop”. Apabila Anda tidak menemukan tab tersebut, Anda bisa mengubah pengaturan halamannya sesuai langkah berikut. Setelah pengaturan selesai, Anda bisa melanjutkan sesuai tahapan berikut ini :

  • Klik “Siapkan Toko” dan setujui Persyaratan Pedagang.
  • Masukkan alamat bisnis Anda dan klik Berikutnya.
  • Pilih mata uang untuk toko Facebook Anda dan masukkan alamat email yang terkait dengan halaman bisnis Anda. Kemudian klik Next.
  • Tambahkan nomor registrasi pajak untuk setiap negara bagian/negara tempat Anda memiliki kehadiran bisnis
  • Klik Selesai dan Anda kemudian dapat mulai menambahkan produk ke toko Anda!

Opsi kedua yang bisa Anda gunakan ialah dengan menggunakan katalog produk di Business Manager atau Mitra Facebook. Caranya, Anda cukup membuka halaman Business Manager Anda. Dari akun Business Manager Anda, buat katalog baru atau identifikasi katalog yang sudah ada yang ingin Anda gunakan dengan di Instagram Shopping. Jika katalog yang ingin Anda gunakan ada di akun Business Manager lain, pastikan kedua akun tersebut bermitra. Jika Anda menggunakan Shopify atau BigCommerce untuk mengelola katalog produk Anda, Anda dapat memilih untuk mengatur toko di Facebook langsung melalui platform tersebut! Ini adalah cara yang sangat mudah untuk mengelola semua katalog toko online dan produk Anda di satu tempat.

Langkah 3 : Daftarkan melalui aplikasi

Setelah Anda mengatur toko Facebook Anda atau terhubung ke katalog produk di akun Business Manager Anda, Instagram akan meninjau akun Anda sebelum memberikan akses ke fitur shopping.

Proses peninjauan ini dapat memakan waktu beberapa hari. Atau jika Anda menyiapkan semuanya dari awal atau menambahkan katalog baru ke toko Anda yang sudah ada, prosesnya bisa memakan waktu lebih lama karena seluruh katalog perlu ditinjau oleh Instagram juga.

Langkah 4 : Mulai membuat postingan atau story belanja pertama

Selamat! Anda telah disetujui oleh Instagram dan Anda sekarang dapat mulai menambahkan tag produk ke posting dan stories Instagram Anda! Mulailah dengan mengunggah gambar ke Instagram seperti biasanya. Tambahkan filter Anda, edit gambar, tulis keterangan, dan tambahkan tagar dan tag lokasi jika Anda mau.

Setelah Anda selesai melakukannya, produk penandaan pada dasarnya adalah proses yang sama dengan penandaan pengguna Instagram lainnya dalam posting Anda. Dan itu terjadi di layar Bagikan setelah Anda mengisi teks, edit, dan filter Anda.

Ketuk bagian Produk Tag lalu pilih produk di foto yang ingin Anda beri tag. Selanjutnya, masukkan nama-nama produk yang ingin Anda beri tag pada gambar Anda, lalu pilih seperti yang muncul dalam hasil pencarian. Setelah Anda menambahkan semua tag yang Anda inginkan (Anda dapat menambahkan hingga 5 dalam satu unggahan gambar), cukup ketuk Selesai dan bagikan unggahan Anda! Di tahap ini Anda bisa berkreasi dalam mempromosikan produk yang Anda jual.

Langkah 5 : Cek selalu insight belanja Anda

Sebuah bisnis akan terasa kurang lengkap tanpa evaluasi strategi. Kunjungi tab Insight di profil Anda untuk melihat kinerja unggahan dan stories Anda. Insight ini dapat memberikan informasi mendetail tentang semua yang diinginkan oleh pelanggan, sehingga Anda dapat menawarkan lebih banyak produk yang relevan.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba Instagram Price Tag? Apabila Anda masih merasa kesulitan, ada baiknya berdiskusi dengan integrated brand communication agency dalam melakukan pengaturan platform Instagram ini. Selamat mencoba!

Recommended Posts