Strategi Internet Marketing —Teknologi internet saat ini telah terintegrasi pada segala bidang, salah satunya dalam bidang pemasaran. Untuk itu, banyak bermunculan bisnis-bisnis baru yang memanfaatkan internet dalam proses pemasarannya.  Selain itu, perusahaan-perusahaan besar juga beberapa mulai mentransformasikan bisnisnya ke ranah digital.

Transformasi ke ranah digital ternyata masih belum sepenuhnya dijalankan oleh perusahaan-perusahaan besar tersebut.  Dari survey yang telah dilakukan oleh Microsoft Asia Digital Transformation, sebanyak 22% petinggi perusahaan besar di Indonesia masih ragu untuk berpindah ke ranah digital.

Alasan pertama keraguan mereka ialah cyber threat. Mereka menilai kejahatan dunia maya masih cukup rawan dan dukungan pemerintah terhadap dunia ICT dirasa masih kurang. Kedua, petinggi-petinggi tersebut merasa sumber daya manusia di perusahaan belum mumpuni untuk transformasi ke ranah digital. Faktor lain yang menjadi penghalang ialah tidak ada partner yang tepat untuk menjalankan bisnis secara digital.

Sebenarnya di sanalah kesempatan konsultan internet marketing bermain. Dengan tim yang siap membantu pengembangan bisnis secara digital, konsultan internet marketing mampu memberikan saran-saran kreatif dan inovatif untuk pengembangan bisnis ke ranah digital.

Konsultan internet marketing biasanya fokus pada ranah dunia maya, seperti website dan social media. Segala hal yang terhubung dengan internet akan dimaksimalkan untuk menonjolkan bisnis sehingga memunculkan awareness pada target konsumen.

Melalui kata kunci-kata kunci yang tepat sasaran, website Anda akan masuk dalam halaman pertama hasil pencarian di internet. Selain itu, penulisan konten website yang menarik dan sesuai segmen akan membuat target konsumen kembali mengunjungi website Anda lagi dan lagi.

Berbisnis tidak selalu identik dengan pemasaran dan promosi. Namun bagaimana membangun awareness, menyediakan apa yang konsumen butuhkan, serta memberikan pelayanan prima merupakan strategi internet marketing yang terintegrasi dalam menjalankan bisnis. Artinya, pengelolaan website dan social media sangat penting untuk diperhatikan, mengingat akses informasi saat ini lebih banyak melalui internet.

Sehingga ketika Anda bisa memaksimalkan penggunaan internet ini sebagai strategi internet marketing bagi bisnis Anda, maka target konsumen Anda juga akan lebih mudah menemukan informasi mengenai bisnis Anda. Para konsultan internet marketing yang berpengalaman tentu memahami ‘aturan main’ dalam ranah digital. Dengan begitu, keluhan-keluhan di atas bisa diatasi dengan baik.