Persepsi Konsumen — Persepsi konsumen menjadi faktor penting dalam berbagai jenis bisnis karena dapat membantu membangun brand awareness dan pesepsi. Hal tersebut berlaku baik bagi online maupun offline marketing. Sehingga mempertahankan persepsi konsumen menjadi hal yang sangat penting untuk dipahami dan dilakukan.

Sekilas informasi nih, kawan. Sebelum melakukan pembelian, konsumen biasanya akan memiliki persepsi tertentu terhadap brand atau produk tertentu. Dan hal ini biasanya berbeda antara konsumen satu dengan lainnya.

Saat ini, konsumen juga cenderung mencari tau tentang suatu produk yang ingin dibelinya. Biasanya mereka mencari tau melalui internet. Keputusan pun dibuat berdasarkan hasil mencari tau dari internet tadi. Tidak hanya itu, konsumen pun memiliki perilaku pembelian yang berdasar pada pengalaman konsumen tersebut.

Jika sebuah organisasi ingin memiliki keuntungan kompetitif jauh di atas para kompetitornya, maka organisasi tersebut harus mempertahankan brand awareness dan brand image yang telah dibangun. Berdasarkan data di lapangan, konsumen cenderung memiliki persepsi sendiri yang kemudian mendorong proses pengambilan keputusan serta pembelian. Untuk itu, penting bagi pebisnis untuk menampung keluhan konsumen dan menyelesaikannya dengan bijak agar dapat memperoleh kepercayaan dan loyalitas konsumen.

Digital marketing merupakan suatu platform yang mempercepat jalannya aktivitas pemasaran yang membawa banyak kesempatan bagi organisasi. Beroperasi melalui teknologi digital, internet menjadi media utam dan yang paling efektif dalam digital marketing.

Mengingat jaman yang serba digital ini, konsumen tentu memanfaatkan berbagai situs di internet untuk mengetahui tentang produk yang mereka inginkan. Dengan begitu mereka memiliki persepsi atas barang tersebut. Telah disebutkan sebelumnya, persepsi ini mampu mempengaruhi keputusan konsumen dan menghasilkan pembelian.

Untuk itu, penting bagi para pebisnis mengelola serta mengatur strategi digital marketing mereka dengan baik. Sehingga konsumen memiliki cukup informasi mengenai produk yang dijual dan juga mendapat pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Dengan begitu, pelanggan yang puas tentu memberikan kemungkinan besar ia akan kembali atau bahkan merekomendasikan produk pada kerabat, keluarga dan orang lain.