Tahukah Anda tentang program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan di Indonesia? Salah satu program CSR yang ada di Indonesia ialah Progam Beasiswa Unggulan yang berasal dari sebuah perusahaan rokok. Pentingnya program CSR tersebut tidak hanya dirasakan oleh perusahaan namun juga masyarakat secara luas.

Sebelum membahas lebih lanjut, apa sih definisi CSR? Menurut konsultan sekaligus Senior Vice President AxonIQ, Reza Rahman definisi CSR ada 3. Pertama, CSR sebagai wujud kepedulian dan tindakan sosial perusahaan sesuai peraturan perundang-undangan. Kedua, komitmen usaha untuk bertindak etis dengan meningkatkan kualitas hidup karyawan beserta keluarganya, komunitas lokal dan masyarakat yang lebih luas. Ketiga, komitmen bisnis untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Melihat pentingnya program CSR, perusahaan tidak dapat memandangnya sebagai beban. Program ini harus dipandang sebagai bentuk investasi jangka panjang yang berguna untuk meminimalisasi risiko sosial dan berfungsi sebagai sarana meningkatkan citra perusahaan di mata publik. Ditambah penerapan program CSR ini sebagai implementasi dari konsep tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance). Oleh karena itu program CSR di Indonesia tidak lepas dari peran pemerintah yang tertuang dalam UU No 40/2007 tentang Perseroan Terbatas (UUPT) serta Peraturan Pemerintah No 47/2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perseroan Terbatas.

Menyadari pentingnya program CSR bagi perusahaan dan komunitas sekitar, Kinetic Indonesia mengadakan silahturahmi ke Panti Asuhan Al Mizan Surabaya. Dalam kunjungan ini keluarga besar Kinetic Indonesia memberikan santunan berupa zakat dan bingkisan pada anak-anak yatim piatu.

Rupanya kedatangan keluarga besar Kinetic Indonesia disambut baik oleh pengurus Panti Asuhan Al Mizan. Acara silaturahmi ini dilanjutkan dengan doa bersama seluruh anak yatim. Tak lupa CEO Kinetic Indonesia, Toufan Widhi Hatmoko memberikan kata sambutan mewakili tim.

Dalam sambutannya Toufan merasa bersyukur di momen Ramadhan tahun ini masih diberi kesempatan untuk silaturahmi dengan komunitas di sekitar kantor. Baginya momen ibadah puasa tak lengkap tanpa berbagi ke sesama. Toufan berharap hubungan kekeluargaaan ini dapat berlanjut dengan baik.

Acara CSR berlanjut dengan memberikan bingkisan kepada penjaga keamanan dan petugas kebersihan di sekitar kantor. Kinetic Indonesia sadar bahwa peran penjaga keamanan dan petugas kebersihan membuat wilayah sekitar kantor menjadi aman, nyaman dan bersih. Tanpa kontribusi mereka Kinetic Indonesia tidak yakin dapat menjalankan aktivitas bisnis dengan lancar.