Banyak orang membangun perusahaan, dan berfokus hanya dengan mengejar hasil saja. Namun, bagaimana dengan karyawan-karyawan yang bekerja dalam perusahaan tersebut? Bagaimana perasaan mereka terhadap perusahaan? Bagaimana kinerja mereka? Mungkin beberapa dari mereka ada yang tahu potensi mereka dan kelemahan mereka. Untuk mereka yang belum tahu? Menggali potensi karyawan dengan refreshment test sangatlah penting.

Menggali Potensi Karyawan Melalui Psikotes

Dalam refreshment test ini, para karyawan harus mengikuti serangkaian tes. Pertama-tama, mereka harus mengikuti serangkaian psikotes dibawah pengawasan psikolog profesional. Psikotes ini berfungsi untuk mengetahui potensi karyawan; baik dari kelemahan serta kekuatan mereka. Psikotes ini mencakup tes verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, tes kraepelin maupun tes gambar.

Setelah psikotes berakhir, peserta dihadapkan dengan permainan-permainan seru yang bertujuan untuk mengakrabkan antar karyawan, kemampuan kerjasama, dan memberikan perasaan sense of belonging. Walaupun tes ini kedengarannya sangatlah “serius”, namun kenyataannya tes ini sangatlah menyenangkan dan menyegarkan pikiran.

Di akhir acara, para peserta mendapatkan kesempatan interview one-on-one bersama para psikolog untuk mengeluarkan unek-unek mereka selama kerja, baik dari kesulitan dalam pekerjaan, dan sebagainya. Para psikolog ini dengan senang hati mendengarkan dan memberikan solusi untuk para peserta.

Menggali potensi karyawan sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengadakan psikotes. Agar perusahaan tahu potensi masing-masing individu dalam perusahaan tersebut. Sehingga harapannya akan ada team yang solid dan bisa bekerja sama dengan baik.

Oleh karena itu, Kinetic Indonesia, konsultan digital marketing, menyelenggarakan refreshment test pada tanggal 5 November 2018 lalu di Urban Office Surabaya. Mari kenali sumber daya manusia perusahaan lebih dalam untuk membangun kerjasama yang kuat dan perusahaan yang tak hanya kuat, namun juga bertahan lama karena kemauan dan kegigihan karyawannya.