Berbicara mengenai performa brand di media sosial, tentu tidak terlepas dengan hadirnya sebuah konten. Kehadiran konten mampu memberikan dampak yang signifikan untuk membuat sebuah brand tersebut berkembang. Konten diciptakan dengan tujuan untuk membangun hubungan komunikasi dua arah atau engagement. Ketika pengguna melakukan interaksi dengan pengguna lain, maka hubungan komunikasi pun telah berjalan dengan baik. Untuk itu, konten komunikatif sangat diperlukan.

Ciri-ciri konten komunikatif adalah mampu membangkitkan hubungan komunikasi yang baik dengan audience. Ketika memiliki sebuah konten dan tidak terjadi interaksi, maka ada sesuatu yang salah terhadap konten yang dibuat. Tapi, tidak usah terburu-buru dahulu untuk memutuskan bahwa konten tersebut tidak berkualitas.

Interaksi pada dasarnya bisa juga disebut sebagai umpan balik (feedback). Interaksi inilah yang nantinya akan memengaruhi tingkat engagement selain pada jumlah audience di media sosial. Jika digambarkan, interaksi merupakan suatu nyawa yang mampu menentukan apakah konten tersebut hidup atau mati. Sebuah konten akan dikatakan hidup, jika konten tersebut memiliki interaksi yang beragam di dalamnya. Di dalam interaksi inilah segala macam respons dan ekspresi akan muncul, seperti ekspresi marah, senang, dan ekspresi lainnya.

Ragam ekspresi tersebut dapat diketahui berdasarkan kategori interaksi yang dimiliki oleh media sosial. Jika diklasifikasikan, terdapat 3 kategori interaksi yang sering digunakan oleh pengguna di media sosial, yaitu applause, virality, dan talk. Dari 3 kategori interaksi tersebut akhirnya menjadi sebuah fitur interaksi yang sering kita gunakan saat ini, seperti tanda suka (Like), komentar (Comment), dan berbagi (Share). Tiga fitur ini umumnya sering digunakan untuk mencerminkan respons dan ekspresi audience.

Konten komunikatif dan menarik merupakan salah satu cara untuk meningkatkan interaksi antara brand Anda dengan konsumen. Oleh karena itu, Kinetic sebagai Konsultan Digital Marketing membuat artikel seputar kecantikan wajah untuk @maxine_clinic di media kami inspirasipagi.id.