Indonesia menjadi pasar potensial bagi berbagai perusahaan dalam memasarkan produknya. Kompetisi yang ketat membuat pengusaha, terutama e-commerce harus memutar otak supaya bisa mendapat perhatian pasar. Beragam strategi telah dipersiapakan guna memikat masyarakat. Mulai dari memberikan promo menarik, bonus berlimpah hingga menawarkan produk secara flash sales. Apa itu flash sale? Flash sales adalah periode di mana penjual menawarkan produk dengan harga yang sangat murah dengan jangka waktu dan jumlah terbatas.

Flash sale jadi salah satu metode pemasaran produk andalan. Metode ini diakui mampu menarik perhatian pasar dan membantu penjualan dalam waktu cepat. Tak hanya itu, flash sales diklaim sekarang ini cukup ampuh meraih pasar secara lebih luas hingga ke daerah. Perlu diketahui bahwa awalnya metode jual cepat ini dimanfaatkan sekedar supaya bisa melihat minat pasar pada penjualan online. Ternyata flash sales bisa memberikan manfaat yang lebih besar. Distribusi produk melalui layanan belanja online mampu menjangkau ke luar kota besar, bahkan sampai daerah pelosok yang sekarang masih belum bisa dijangkau toko ritel.

Alasan tersebut yang kemudian membuat Studio Star 7 melakukan metode flash sale untuk menjual produk miliknya. Selain itu, Studio Star 7 juga memanfaatkan flash sales untuk meningkatkan brand awareness kepada masyarakat Indonesia. Flash sales memang menjadi sebuah strategi marketing yang menarik, khususnya e-commerce. Namun, Anda harus melihat bagaimana kapasitasnya. Cobalah menghindari flash sales yang fluktuatif di waktu tertentu, lalu turun jauh sehingga konsumen banyak yang tidak mendapat kesempatan.  Sehingga flash sales sebaiknya dilakukan dengan durasi yang lebih lama. Ini perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan banyak kecurigaan konsumen.

Flash sale di e-commerce

Sebelum melakukan flash sales, e-commerce pun harus melihat apakah stock keeping unit (SKU) benar-benar cukup. Apalagi, jika menghadirkan produk yang sangat atraktif, tentunya bukan hal yang sulit untuk menarik minat konsumen dalam ajang flash sale itu. Jika gagal, yang ada flash sales justru membuat konsumen kecewa dan tidak kembali ke toko online Anda.

Selain itu, ada satu hal yang tidak bisa dihindari e-commerce ketika menjalani flash sales, yaitu kehadiran para pedagang yang membeli produk murah dengan tujuan dijual kembali. Ketika membuat flash sale, e-commerce sebaiknya berupaya agar pembeli barang adalah konsumen bukan trader/reseller. Studio Star 7 (SS7) sadar bahwa dalam menjalankan flash sale, harus mampu mempertahankan value dan kualitas secara konsisten. Karenanya, SS7 berusaha menghadirkan barang yang murah tapi tidak below quality.