Saat ini perkembangan teknologi dan komunikasi sudah tidak dapat lagi dibendung. Bahkan bagi generasi sekarang, internet menjadi kebutuhan primer yang tidak dapat digantikan.  Memanfaatkan email marketing adalah strategi yang sangat efektif bagi pelaku bisnis.

Pada tahun 2016, jumlah pengguna email di Indonesia telah mencapai lebih dari 100 juta orang. Hampir semua orang memiliki email (surat elektronik) untuk beragam keperluan, baik untuk keperluan kerja, bisnis, media sosial, hingga transaksi online.

Email marketing didefinisikan sebagai cara pemasaran yang dilakukan oleh para pelaku bisnis dengan mengirimkan pesan komersil seperti newsletter dan promosi melalui email. Sebelum itu Anda harus memahami apa saja keunggulan email marketing yang dianggap efektif untuk bisnis Anda.

 

Berikut ini keunggulan email marketing untuk bisnis Anda :

 

Minim biaya

Email menjadi salah satu channel digital marketing yang efektif. Hal ini dikarenakan biaya yang dikeluarkan murah dan tingkat respon langsung lebih tinggi dibandingkan surat fisik.

 

Email lebih personal

Email dirasa lebih efektif sebab perusahaan dapat menjangkau konsumen di area personal mereka yaitu langsung pada kotak masuk email. Berbeda dengan media sosial yang menggunakan alogaritma berbasis pada ketertarikan seperti Facebook dan Instagram. Alogaritma ini terkadang menyebabkan unggahan Anda terlambat dilihat oleh konsumen sehingga konsumen melewatkan penawaran Anda.

 

Membangun hubungan baik dengan pelanggan

Email pemasaran yang bersifat personal biasanya akan mendapatkan perhatian lebih besar dari para pelanggan ataupun calon pelanggan. Anda dapat selalu terhubung secara terus menerus. Dapat disimpulkan bahwa metode pemasaran ini juga dapat membuat hubungan Anda dengan pelanggan tetap terjaga dengan baik dalam jangka panjang.

 

Itulah tiga keunggulan yang membuat email marketing masih efektif hingga saat ini. Namun, ada banyak orang yang baru masuk ke dunia bisnis tidak memahami bahwa mengirim email yang sifatnya komersil tanpa izin dapat dikategorikan sebagai spam. Tentu saja hal ini akan membuat nilai bisnis Anda turun. Maka dari itu, peran konsultan digital marketing sangat dibutuhkan untuk merumuskan strategi email marketing bisnis Anda.