Seperti yang kita ketahui, saat ini kita telah memasuki era digital. Dimana kebanyakan kegiatan mulai bergeser ke ranah digital pula. Termasuk media sosial yang digunakan sebagai penunjang bisnis. Anda pasti sudah tidak asing dengan hashtag atau tanda pagar (#) bukan? Terutama bagi Anda yang gemar berselancar di media sosial. Hashtag adalah salah satu cara paling populer sebagai kategorisasi terhadap topik tertentu. Bagi para pelaku bisnis, tentu saja hal ini akan menguntungkan. Namun sebelum itu, Anda harus memahami apa saja manfaat hashtag untuk mengoptimalkan bisnis.

 

Manfaat hashtag untuk Instagram bisnis Anda, antara lain :

 

Meningkatkan jangkauan dan interaksi

Hashtag mampu memberikan peluang menjangkau pengguna yang lebih besar. Ketika Anda membuat suatu postingan, yang dapat melihat adalah orang-orang yang telah menjadi teman Anda. Tetapi ketika Anda menggunakan hashtag, semua orang yang mencari topik yang sama dapat membaca postingan Anda. Hashtag memiliki kekuatan untuk menghubungkan penggunanya berdasarkan topik, hal ini juga memungkin Anda mendapatkan followers baru.

 

Mempermudah mencapai target konsumen

Manfaat hashtag selanjutnya adalah membantu anda dalam mencapai target konsumen. Disadari atau tidak, penggunaan hashtag telah terbukti menjadi salah satu fitur yang paling berguna untuk mendapatkan audiens yang relevan dengan target postingan Anda. Melalui hashtag, Anda dapat dengan mudah mendapatkan konsumen. Misalnya, jika bisnis Anda bergerak dibidang fashion khususnya tas, maka Anda dapat memberikan hashtag #Tas #Taskulit dan lain sebagainya. Sehingga saat konsumen mencari #Taskulit maka postingan Anda akan muncul dan mereka dapat membeli produk Anda, meskipun konsumen tersebut bukanlah followers media sosial Anda. Hebat bukan?

 

Dengan menggunakan hashtag Anda tidak perlu mengeluarkan modal apapun. Secara tidak langsung Anda dapat menghemat biaya pemasaran dan juga tenaga dalam bisnis Anda. Namun dalam penggunaanya, masih banyak orang yang belum mengerti manfaat hashtag itu sendiri. Oleh karena itu Anda harus mengetahui strategi digital marketing yang sesuai. Untuk memudahkan Anda dalam mengetahui strategi digital marketing yang sesuai, Anda dapat mempercayakan perancangan hashtag pada konsultan digital marketing.