Sebagai pemilik bisnis online tentu saja Anda menginginkan traffic website yang tinggi bukan? Mengingat fungsi website sebagai ajang pemasaran, dan juga membangun brand awareness. Traffic merupakan akumulasi mengenai jumlah dan durasi pengunjung. Jika website Anda tidak banyak dikunjungi orang, maka website Anda akan tenggelam diantara banyaknya pengguna internet. Tetapi tak perlu khawatir, Anda dapat memanfaatkan Meta description untuk meningkatkan traffic.

Meta description didefinisikan sebagai informasi singkat yang ditampilkan pada  hasil pencarian. Metode ini memiliki peran penting yang menentukan pengunjung akan melihat konten atau tidak. Penulisan yang menarik dapat memancing pengguna untuk mengunjungi website. Secara tidak langsung hal ini tentu saja membantu meningkatkan traffic Anda. Sebelum itu Anda harus memahami apa saja yang harus diperhatikan dalam pembuatan meta description.

Meta description yang relevan dengan konten

Sesuai dengan definisinya, meta description adalah ringkasan dari konten yang Anda unggah di website. Maka penulisannya pun harus relevan dengan konten. Hal ini  masih berkaitan dengan penggunaan kata kunci. Semakin relevan ringkasan Anda dengan konten, semakin besar kemungkinan website ditampilkan di pencarian atas.

Panjang karakter

Ringkasan ini memang tidak memiliki batasan. Namun jika tulisan Anda tidak terbaca sepenuhnya dalam hasil pencarian, maka besar kemungkinan metode ini tidak akan efektif. Anda harus mempertimbangkan panjang kalimat sesuai dengan ruang yang disediakan oleh mesin pencari. Sebaiknya membuat meta description di kisaran 155-160 karakter. Dengan begitu seluruh kalimat Anda dapat terbaca dan tidak terpotong dalam hasil pencarian.

Gunakan Bahasa yang menarik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, metode ini memiliki peran penting untuk mendorong pengguna mengunjungi website. Anda harus memilah penggunaan bahasa ataupun kalimat yang menarik. Sebaiknya awali dengan menggunakan kata kerja sederhana yang mampu membuat pembaca menjadi semakin tertarik dan mencari tahu.  Seperti “Temukan”, “Pelajari lebih lanjut”  dan “Cek disini”.

Tulis nilai bagi pembaca

Tujuan pembaca mengunjungi halaman website adalah untuk mencari informasi. Sebaiknya buat ringkasan yang bisa memberikan solusi bagi pembaca. Tulislah dengan jelas manfaat apa yang akan didapatkan oleh pengunjung setelah membaca konten Anda. Dengan begitu mereka akan mengetahui secara pasti apa yang akan mereka pelajari atau dapatkan dari mengunjungi situs Anda.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan agar meta description dapat meningkatkan traffic website bisnis Anda. Namun, keberhasilan metode ini juga bergantung pada bagaimana Anda mengoptimalkan deskripsi Anda dengan cermat dan tepat. Oleh karena itu diperlukan konsultan digital marketing untuk merumuskan strategi perkembangan bisnis online Anda.