Gen Z – Seiring berkembangnya zaman, kini strategi pemasaran pun berkembang. Terutama di ranah digital yang tergolong cepat berkembang. Apabila Anda cermati, kini banyak perusahaan atau brand yang menyajikan konten atau sistem khas anak muda pada media sosial mereka. Ya, percaya atau tidak, jika ingin menarik engagement di media sosial maka ada baiknya Anda menyajikan konten yang sedang tren di kalangan anak muda. Golongan ini tergolong Gen Z, yang cenderung punya ide “gila”. Bisa saja ide tersebut tidak sesuai dengan brand identity Anda. Lalu mengapa kita harus menyesuaikan selera Generasi ini?
Sebelum menjawab pertanyaan di atas, mari kit aulas sedikit tentang seperti apa sih selera Gen Z yang dimaksud ini. Secara garis besar, yang khas dari kalangan Gen Z ada pada beberapa poin berikut :
- Orisinalitas
Generasi ini merupakan sosok anak muda yang unik, passionate, dan memiliki gagasan menarik. Sehingga tak jarang mereka menghasilkan ide-ide kreatif out of the box yang membuat orang terkagum. Dengan ide-ide segar yang orisinal, konten serta sistem yang Anda sajikan akan mudah dikenali dan diingat oleh orang. Menarik, bukan?
- Privasi
Sebagai digital native yang terbiasa dengan internet dan perkembangan teknologi terkini, para Generasi ini cenderung peduli terhadap tingkat privasi. Jadi, jika Anda menyasar pasar Gen Z, pastikan Anda menggunakan dan melindungi data mereka dengan baik.
- Keberagaman
Kelompok generasi ini juga terbiasa dengan keberagaman. Hal ini selaras dengan orisinalitas mereka. Banyaknya konten video dan gambar yang mereka lihat secara online membuat mereka memiliki banyak referensi “bahan segar”. Jangan membuat mereka bosan!
- Humor
Oleh karena beragamnya referensi yang dimiliki oleh Generasi ini, selera humor mereka pun kemudian seringkali dideskripsikan sebagai “absurdist” atau aneh, dengan eufemisme yang kadang terdengar kurang sopan. Apabila Anda merasa tidak bisa memahami selera humor mereka, rekrutlah orang yang bisa melakukannya!
Satu lagi alasan mengapa Anda perlu mengikuti tren yang ada di kalangan Gen Z ialah 40% dari pelanggan di 2020 merupakan Gen Z. sehingga memupuk ingatan mereka terhadap brand Anda bisa menjadi investasi masa depan yang bagus! Anda juga bisa berkonsultasi dengan integrated brand communication agency terkait strategi pemasaran kekinian yang cocok untuk bisnis Anda.