Menjaga serta meningkatkan kepuasan pengunjung website pastilah membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Satu hal utama yang sebenarnya harus di pegang teguh adalah konsistensi. Konsistensi memudahkan pengunjung lama karena tidak harus mencari-cari lagi karena sudah memiliki memory dimana letak informasi yang akan ia cari. Selain itu, website yang konsisten akan mudah ditebak dan dipelajari oleh pengunjung baru sehingga informasi yang dibutuhkan segera didapatkan dan berpotensi berkunjung lagi. Ada beberapa area dimana kamu bisa konsisten, seperti di elements, desain, dan konten.

• Elements
Elemen maksudnya disini adalah footer, sidebar, atau navigasi. Pengunjung akan ingat dimana letak elements tersebut, jadi sebaiknya pertahankan letaknya. Ingat, website milikmu harus logis bagi pengunjung, hal ini bisa dipenuhi kalau penempatan elements tersebut konsisten. Penampilan dan nuansa dari website boleh dirubah, tapi tetap mempertahankan letak elements. Bereksperimen boleh saja tapi resikonya cukup tinggi sehingga perlu pertimbangkan yang matang.

user experience

• Desain
Pengunjung akan familiar dengan desain website yang sudah pernah dikunjungi sehingga konsistensi adalah kuncinya. Sebagai contoh, desain font yang konsisten akan meningkatkan ux (user experience) pengunjung karena perhatian serta mood pengunjung tidak terpecah karena desain yang berbeda-beda. Pengunjung akan lebih memperhatikan visual daripada text, jadi akan sangat baik jika mampu mempermudah dan memanjakan pengunjung dengan desain yang konsisten.

user experience

• Konten
Website yang bagus adalah website yang konsisten dalam tone, kualitas dan kuantitas artikel yang dimuatnya. Sebagai contoh, jika desain website kamu sangat formal, maka artikel yang dimuat pun harus linier sehingga mencerminkan dan melengkapi nuansa formal tersebut. Selain itu, pastikan artikel di posting dalam jangka waktu yang konsisten, hal ini tidak hanya berdampak ke ux (user experience) tapi juga loyalitas pengunjung. Konten yang dipublikasikan sebaiknya adalah artikel dengan kualitas terbaik dan menarik pembaca. Jika tidak, maka tidak akan ada pengunjung yang datang lagi ke websitemu.

Kesimpulannya, pengunjung haruslah merasa nyaman saat mengunjungi website milikmu. Mereka harus merasa websitemu didesain, diatur dan diisi dengan informasi yang logis. Pengunjung akan menghargai ketika kamu berusaha keras membuat website yang user friendly. Ketika kamu konsisten, pengunjung akan senang dan akan berkunjung lagi. Jika hal ini dipraktekkan, maka kamu akan menemukan pengunjung yang loyal.