Di dalam dunia digital marketing, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan pemasaran online. Salah satu strategi yang sering dilakukan adalah social media marketing.  Social media menjadi salah satu bagian yang cukup penting dari dunia digital marketing. Kini social media menjadi andalan dan diakui sangat efektif sebagai sarana promosi perusahaan, termasuk perusahaan-perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

social media marketing
Toufan WH, Group Business Director Kinetic Indonesia menyampaikan materi

Mengelola social media membutuhkan waktu, tenaga dan keahlian. Oleh karena itu untuk meningkatkan pengetahuan mengenai digital marketing, Bank Indonesia mengadakan Workshop Social Media Marketing yang diadakan di Hotel Illira, Banyuwangi pada 15 September 2018. Konsultan Digital Marketing Kinetic Indonesia berkesempatan menjadi pembicara dengan mengangkat pentingnya peran sosial media guna meningkatkan awareness dan engagement terhadap Bank Indonesia.

Saat ini, beberapa social media yang sering digunakan oleh BUMN adalah Instagram, Facebook, Twitter dan Youtube. Dengan adanya fitur-fitur berbeda dari setiap social media tersebut, perusahaan bisa mengoptimalkan kegiatan digital marketing dengan cara yang berbeda-beda. Teknik copywriting pun memiliki peran yang sangat penting, di mana penulisan yang dibuat, meskipun terbatas dan sangat pendek, namun memiliki esensi yang sangat kuat. Sehingga copywriting yang dibuat harus bisa mengajak pembaca untuk lebih aware dengan perusahaan.

Selain itu, social media juga dapat dijadikan sebagai media campaign, terutama bagi BUMN seperti Bank Indonesia yang memiliki fungsi sebagai pengambil kebijakan strategis, dimana memiliki berbagai program atau kebijakan yang harus disebarkan kepada masyarakat. Dengan menggunakan sosial media, maka konten yang telah dibuat akan dibaca oleh audience yang tepat pula, sesuai dengan target audience suatu campaign.

Kedepan, Kinetic Indonesia berharap akan semakin banyak BUMN yang aware bahwa social media memiliki peranan vital di era digital ini. Besarnya potensi pengguna media sosial di Indonesia perlu dimaksimalkan. Seperti diketahui, Indonesia menempati peringkat empat dunia dalam penggunaan sosial media. Persaingan yang ketat menuntut BUMN lebih kreatif untuk mempromosikan berbagai program andalannya. BUMN harus benar-benar siap sebelum menggunakan social media sebagai media promosi karena kalau tidak, social media juga yang dapat merusak reputasi perusahaan. Oleh karena itu, perlu adanya peranan Konsultan Digital Marketing yang kredibel.