Memiliki rencana untuk menyelenggarakan sebuah event? Perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan seputar kegiatan promosi yang akan Anda lakukan sebelum, selama dan sesudah event diselenggarakan. Promosi di media digital saat ini dirasa lebih efektif daripada media konvensional karena dapat menjangkau target yang lebih spesifik. Terlebih promosi event apabila Anda adalah penyelenggara.

Pada artikel ini akan dijelaskan tentang strategi promosi event yang bisa digunakan oleh Konsultan Digital Marketing untuk menjawab kekhawatiran Anda karena tidak memiliki cukup waktu dan tenaga untuk mengurus seluruhnya. Pada tahapan sebelum event, pertama-tama,  yang dibutuhkan adalah sebuah informasi pusat yang mencakup detail event yang akan diselenggarakan. Oleh sebab itu, buatlah sebuah website yang mencakup informasi mengenai rincian event, cara mendaftar menjadi pengunjung, video dan foto dari event sebelumnya, testimoni peserta event sebelumnya dan informasi kontak. Konten yang dapat shareable dan linkable akan sangat membantu dalam meningkatkan exposure brand dan membantu SEO untuk meningkatkan traffic dan konversi website.

Kedua, mulailah membangun sebuah jaringan komunikasi dengan menggunakan media sosial, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, dan lain-lain. Manfaatkan jaringan komunikasi yang ada untuk secara perlahan membangun sekelompok pengikut atau follower. Sementara itu, pastikan membuat konten promosi yang dapat menarik banyak pengguna internet. Perhatikan jumlah retweet, like, comment, dan shared untuk melihat keefektifan promosi. Yang perlu diperhatikan pula bahwa jangan terlalu sering membuat sebuah postingan informasi karena pengguna media sosial karena akan menganggap postingan Anda adalah spam.

Ketiga, jangan promosikan penjualan tiket pada banyak paltform media sosial. Bagikan alokasi pada seluruh platform media sosial agar tidak ada over-subscribe. Misalnya, Anda menyediakan 100 tiket untuk dijual, lalu bagi menjadi dua untuk dijual di Facebook dan 50 tiket dijual di Instagram. Keempat, mulailah untuk menjalin kerjasama dengan individu atau kelompok di sekitar yang penting dan yang bisa mempromosikan event Anda. Misalnya, sponsor, partner event, pembicara, peserta event, dan lain-lain.

Jika Anda merasa kesulitan untuk melakukan seluruh tahapan tersebut, disarankan untuk menggunakan jasa konsultan digital marketing yang dapat membantu mulai dari perencanaan konsep, promosi, eksekusi serta publikasi pasca event. Oleh karena itu, jangan ragu, mengingat fungsi konsultan sangatlah penting agar promosi event dapat berjalan dengan sukses.