Tanggal 1 April banyak dikenal sebagai April Mop. Namun, tahukah Anda jika tanggal tersebut merupakan Hari Marketing Indonesia?

Diresmikan tanggal 1 April 2014 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, Hari Marketing Indonesia atau yang disingkat menjadi HAMARI, bertujuan untuk mendorong semangat para tenaga pemasaran agar lebih kreatif dan inovatif. Karena tenaga pemasaran memiliki peran penting dalam rantai kehidupan sebuah perusahaan, mengingat posisi mereka yang langsung berhubungan dengan konsumen.

Pemilihan tanggal 1 April sebagai Hari Marketing Indonesia didasari oleh pola para pemasar yang kerap menjadikan tanggal tersebut sebagai langkah menaikkan harga setelah melewati kuartal I. Selain itu, pada tanggal tersebut juga banyak perusahaan meluncurkan produk dan materi promosi baru.

Survey dari Nielsen juga menyatakan bahwa industri kreatif Indonesia kini telah mampu bersaing dengan pasar global. Sehingga akan sangat disayangkan apabila tidak didukung dan dikembangkan. Hal tersebut dibuktikan dengan tingkat preferensi masyarakat di Asia 58% memilih brand local dibandingkan brand global. Untuk itu, para pelaku bisnis yang tergabung dalam asosiasi GAPMMI (Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia), APRINDO (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia), dan APPBI (Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia) sangat mendukung ditetapkannya HAMARI ini.

Dengan adanya HAMARI, diharapkan banyak perusahaan terdorong untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi sehingga ekonomi kreatif Indonesia pun bisa berkembang. Tak hanya itu, penetapan Hari Marketing Indonesia ini juga sebagai pengingat dan penggugah semangat pebisnis Indonesia agar bisa bersaing di ekonomi dunia.

Selamat Hari Marketing Indonesia!