Analisa Kebutuhan Pasar, Perlukah?

Tujuan komunikasi sebagian besar ialah untuk mengetahui apa yang satu sama lain pikirkan. Begitu pun dalam sebuah bisnis. Melakukan analisa kebutuhan pasar atau social listening kemudian menjadi penting. Mengapa?  Dengan melakukan hal tersebut, berarti pebisnis sedang berlatih menganalisa reaksi pelanggannya terhadap produk barang maupun jasa yang ia tawarkan.

Cara melakukan analisa kebutuhan pasar ini bisa dilakukan secara online melalui review pelanggan. Apabila Anda mencermati, tidak semua review pelanggan hanya mengungkapkan “suka/tidak suka”. Ada kalanya terdapat masukan atau kritik dan saran yang Anda bisa pertimbangkan untuk perkembangan bisnis Anda ke depannya, review-review ini bisa Anda dapatkan pada bagian komentar di media sosial, review pada akun Google My Business Anda atau pun di bagian komentar pada marketplace Anda.

Satu alasan lagi mengapa review pelanggan merupakan bahan penting dalam analisa kebutuhan pasar, ialah pada era digital saat ini, orang cenderung menilai sebuah brand atau mengetahui reputasi brand tersebut melalui review pelanggan-pelanggan terdahulu. Bisa Anda bayangkan apabila semua review yang Anda dapatkan merupakan bad review? Maka reputasi brand Anda pun bisa ikut buruk. Anda tak ingin hal ini tejadi, bukan?

Untuk itu, ada baiknya bagi Anda sebagai pemilik bisnis “menjemput bola” dalam mendapatkan review pelanggan ini. Anda bisa menjadikan review pelanggan sebagai tahapan follow up kepada pelanggan. Tanyakan pada mereka apakah barang sudah diterima dengan baik, kualitas barangnya, pendapat mereka mengenai pengemasan, hingga pelayanan toko Anda pada mereka. Apabila Anda membuka toko di marketplace, Anda tak perlu melakukan ini secara manual. Sistem dari marketplace sudah otomatis akan menanyakan pendapat pelanggan terhadap barang yang mereka beli di toko Anda.

Lalu, apabila sudah mendapatkan data review tersebut, apa yang harus dilakukan? Di sini lah analisa kebutuhan pelanggan terjadi. Anda akan membaca dan memahami pendapat pelanggan Anda dan menyocokkannya dengan sistem yang Anda jalankan saat ini. Jika dirasa perlu melakukan sedikit perubahan, Anda bisa coba mengubahnya dengan dasar standar dari review yang Anda dapatkan. Belum memahami cara melakukan analisa ini? Anda bisa menemui integrated brand communication agency untuk berdiskusi tentang hal ini lho! Jadi, Anda tak perlu khawatir salah melangkah.

Recommended Posts