Logo Kinetic Indonesia grey

Peran Penting Direct Message dalam Digital Marketing

direct message

Sebagai pelaku bisnis, terlebuh di era digital seperti saat ini, Anda perlu memahami bagaimana melayani pelanggan di ranah digital. Banyak orang menganggap semakin berkembangnya teknologi maka semakin mudah pekerjaan manusia dengan hadirnya mesin. Hadirnya mesin dan sistem digital ada untuk memudahkan pemasar berkomunikasi dengan pelanggannya. Contohnya Anda bisa menggunakan fitur balas otomatis pada WhatsApp Business. Namun, yang perlu Anda ketahui bahwa komunikasi real time pada direct message tetap menjadi hal penting. Mengapa?

Direct message (DM) dalam konteks digital merupakan wujud layanan pelanggan dari sebuah brand. Yang bisa dilakukan melalui DM, antara lain diskusi produk atau promo, penyampaian keluhan oleh pelanggan, hingga follow up untuk keperluan after sales. Misalnya saja Anda memiliki usaha katering. Suatu saat ada pelanggan memesan nasi kotak untuk keperluan syukuran. Di mana peran DM ini berjalan? Bisa di saat proses order dan setelah acara selesai dan Anda melakukan follow up terkait testimoni pelanggan terhadap produk Anda. Selain itu, Anda juga bisa menyebarkan info seputar promo yang sedang berlangsung melalui DM untuk mendapatkan repeat order dari pelanggan sebelumnya.

Beberapa Kesalahan Dalam Berjualan Di Instagram

Menjawab pertanyaan pelanggan di DM bisa saja melelahkan.Untuk itu, ada baiknya Anda memiliki satu orang staf yang bertugas menjawab DM dari para pelanggan. Selain fokus, pelanggan juga akan merasa kebutuhan mereka terhadap informasi seputar produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa terpenuhi. Terlebih lagi jika reapon di DM tergolong cepat. Respon yang cepat ini membuat pelanggan mengapresiasi pelayanan yang Anda berikan. Jadi, penting untuk mengelola hubungan yang baik melalui komunikasi dua arah dengan para pelanggan Anda. Tak jarang pelanggan memilih loyal pada suatu brand karena pelayanan yang diberikan.

Namun jika Anda merasa tidak memiliki cukup waktu untuk merekrut satu staf tersebut, Anda bisa bekerja sama dengan integrated brand communication agency terdekat di kota Anda terkait hal ini. Tim mereka akan membantu Anda dalam membangun komunikasi yang baik dengan para pelanggan melalui kanal digital brand Anda.Tertarik untuk mencoba?

Share this post with your friends

Banne Kinetic 7th Horisontal
Banner KInetic 7th Vertical

Let's discuss what you need

Fill this form to get the latest of our

Company Profile

Download Compro Kinetic
banner-popup-kinetic-1