Era Digital semakin lama tentunya semakin berkembang, begitupun dalam ranah berniaga. Semakin banyak pula, konsumen yang memilih untuk bertransaksi secara tidak langsung. Kemudian pertimbangan dalam pembelian sebuah produk, yang dilakukan konsumen juga melalui sosial media. Hal ini pula, yang mengharuskan seorang pebisnis untuk menggunakan Social Media sebagai tempat berbinis. Dengan begitu, keuntungan social media marketing dapat dirasakan para pebisnis..

Dalam social media marketing, menentukan strategi objektif untuk mengaktivasikan akun social media bisnis Anda sangatlah penting. Business objective juga akan berhubungan langsung dengan alasan Anda mengaktivasikan social media account seperti Facebook dan Instagram. Nah, jawabannya mengacu pada nature setiap benda atau service yang akan Anda tawarkan, jadi tidak semua bisnis memiliki strategi social media marketing yang sama.

Sebagai contoh, akun social media yang memiliki produk fashion dan akun social media produk pertanian. Strategi objektif yang dimiliki oleh social media tersebut akan Anda tuangkan pada bentuk gambar, tulisan, maupun video.

Keuntungan Social Media Marketing

  1. Harga yang Relatif Murah

Membuat sebuah akun sosial media untuk bisnis Anda gratis, akan tetapi harus memiliki team yang handal untuk membuat konten yang berkualitas.

  1. Fleksibel dalam menjalankan Paid Advertising

Paid Advertising yang ditawarkan oleh Facebook Ads sendiri sangatlah nayaman untuk Anda gunakan untuk digunakan. Sebab, iklan tersebut dapat dijalankan kapan pun Anda butuhkan, dans sesuai dengan budget yang ditentukan pula.

  1. Penggantian Konten secara Rutin & Teratur

Sangat berbeda dengan media yang lainnya, Anda dapat mengupload konten yang berbeda pada setiap harinya, yang memiliki kesesuaian dengan produk/jasa Anda. Dan jika dibandingakan dengan iklan yang berada di media konvensional yang hanya menjalankan satu skrip saja.

  1. Social Media Presence

Hal ini merupakan hal yang utama dibutuhkan oleh sebuah bisnis sebab calon konsumen mencari informsi mengenai suatu produk atau servis melalui sosial media, selain menggunakan search engine.

  1. Menentukan Relationship Management Medium

Terkadang banyak bisnis yang melupakan bagaimana pentingnya hubungan yang baik dengan konsumen, sehingga konsumen itu beralih kepada kompetitor produk yang sama. Akun sosial media dapat menampung berbagai macam keluhan,s aran, dan apapun itu yang dirasakan oleh konsumen. Sehingga Anda tahu, apa yang seger diperbaiki dengan cepat. Kemudian social media sendiri dapat menampung ide dari konsumen untuk membantu Anda menjalankan new product development.

Nah mulai sekarang Anda perlu memperhatikan hal yang sangat berpengaruh dalam sebuah bisnis/brand, penggunaan social media marketing ini sangat penting. Sebab banyak pula keuntungan social media marketing yang bisa Anda dapatkan. Tentunya dalam perancangan ini, Anda perlu mengkonsultasikannya pada Konsultan Digital Marketing