Instagram Growth Tracker

Berikut adalah penjelasan mengenai data-data yang ada pada Growth Tracker.
ISTILAH
KETERANGAN
DATE / TANGGAL
Date akan diisi tanggal Anda mengisi data tersebut. Saran saya ditentukan penjadwalan setiap minggu. Misal setiap hari Senin.
REACH / JANGKAUAN
Reach (Jangkauan) adalah data Reach (Jangkauan) pada Account Insights di Kolom Discovery (Penelusuran).
IMPRESSION / IMPRESI
Impression (Impresi) adalah data Impression (Impresi) pada Account Insights di Kolom Discovery (Penelusuran).
POST FREQ RATIO
Post Freq Ratio adalah perhitungan antara Reach / Impression. Menghitung, seberapa banyak konten (Post) yang dikonsumsi oleh Audience. Sebagai contoh Post Freq Ratio muncul angka 2, artinya rata-rata orang yang dijangkau melihat 2 postingan Anda.
PROFILE VISIT
Profile Visit / Kunjungan Profil adalah data Profile Visit (Kunjungan Profil) pada Account Insights di Kolom Interaction (Interaksi).
WEBSITE CLICK
Website Click / Klik Website adalah data Website Click (Klik Website) pada Account Insights di Kolom Interaction (Interaksi).
OTHER CTA
Other CTA adalah data selain Profile Visit & Website Klik yang ada pada Account Insights di Kolom Interaksi. Biasanya seperti Email, Call, Text, etc
VISIT RATE (%)
Visit Rate adalah perbandingan antara Reach (Jangkauan) dengan Profile Visit (Kunjungan Profil). Semakin tinggi Visit Rate, artinya konten Feed yang Anda post selama minggu tersebut memiliki performa yang baik. Karena membuat orang “Kepo” dengan konten lainnya dari Akun Instagram milik Anda.
CTA RATE (%)
CTA Rate adalah perbandingan antara Profile Visit (Kunjungan Profil) dengan Website Click & Other CTA. Hal ini menunjukkan dari orang-orang yang mengunjungi profile Anda, berapa % yang melakukan tindakan seperti Klik Website, Email, Teks SMS, maupun tindakan lainnya.
FOLLOWERS
Followers adalah data jumlah Follower yang Anda miliki. Bisa dilihat pada Account Insight pada Audience Tab.
FOLLOWERS GROWTH
Followers Growth adalah jumlah peningkatan followers sekarang dengan minggu sebelumnya.
ENGAGEMENT RATE (ER)

Tingkat keterlibatan, interaksi, intimasi, dan pengaruh yang dimiliki audiens terhadap sebuah brand di media sosial. Banyaknya followers atau page likes belum tentu menggambarkan tingginya ER. Poin terpentingnya adalah berapa banyak dan seberapa sering orang terhubung dengan sebuah brand. Dengan mengetahui berapa ER media sosial, kita bisa mendapatkan manfaat berikut ini:

Membangun komunikasi langsung dengan audiens. Berbeda dengan media massa konvensional, media sosial memungkinkan audiens untuk berinteraksi secara langsung dengan brand maupun audiens lainnya. Mendapatkan feedback untuk menyempurnakan strategi komunikasi. Melalui feedback, kita bisa mengukur kesesuaian konten dengan kebutuhan audiens sehingga informasi tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan strategi komunikasi bisnis brand. Membangun brand awareness dan brand loyalty. ER yang baik dapat membantu brand menjangkau audiens yang lebih luas, membangun brand awareness, bahkan meningkatkan loyalitas users.

ER BY REACH (ERR)
Perhitungan berdasarkan reach bisa lebih akurat dibandingkan dengan perhitungan berdasarkan followers karena tidak semua followers melihat konten yang di-post di media sosial
ER POST
Perhitungan berdasarkan post bisa digunakan jika media sosial memiliki reach post yang fluktuatif. Melalui pembagian dengan angka followers, angka ER akan menjadi lebih stabil
ER IMPRESSION
Cara ini cocok digunakan untuk campaign yang membutuhkan perhitungan berdasarkan impression (seberapa sering konten media sosial muncul di layar, bukan seberapa banyak orang yang melihat konten tersebut)
DAILY ER
Perhitungan ini memungkinkan kita untuk mendapatkan gambaran ER per harinya, bukan dari per post saja. Namun, cara ini tidak terlalu akurat karena kita akan sulit membedakan antara satu follower yang engage berulang kali dengan banyak followers yang hanya engage satu kali pada hari tersebut
ER VIEWS
Perhitungan berdasarkan views ini cocok dipakai jika brand menjadikan video sebagai konten utama dalam mendapatkan engagement.

Post Frequency Ratio

Your Impression
Your Reach
Post Frequency Ratio

Visit Rate %

Your Profile Visit Number
Your Reach
Visit Rate %

CTA Rate %

Your Interaction Web Click Number
Your Other CTA Number
Your Profile Visit Number
CTA Rate %

Followers Growth

Your Current Followers Number
Your Previous Followers Number
Followers Growth

Total ER by REACH (ERR)

Your Total Engagement Per Post
Your Total Reach Per Post
Total ER by REACH (ERR) % 

Total ER Post

Your Total Engagement on Post
Your Total Follower
Total ER Post % 

Total ER Impression

Your Total Engagement on Post
Your Total Impression
Total ER Impression % 

Total Daily ER

Your Total Engagement in a Day
Your Total Follower
Total Daily ER % 

Total ER Views

Your Total Engagement Video Post
Your Total Video View
Total ER Views %