Logo Kinetic Indonesia grey

Instagram Growth Tracker

Table Explanation - Tracker

Berikut adalah penjelasan mengenai data-data yang ada pada Growth Tracker.

ISTILAH KETERANGAN
DATE / TANGGAL Date akan diisi tanggal Anda mengisi data tersebut. Saran saya ditentukan penjadwalan setiap minggu. Misal setiap hari Senin.
REACH / JANGKAUAN Reach (Jangkauan) adalah data Reach (Jangkauan) pada Account Insights di Kolom Discovery (Penelusuran).
IMPRESSION / IMPRESI Impression (Impresi) adalah data Impression (Impresi) pada Account Insights di Kolom Discovery (Penelusuran).
POST FREQ RATIO Post Freq Ratio adalah perhitungan antara Reach / Impression. Menghitung, seberapa banyak konten (Post) yang dikonsumsi oleh Audience. Sebagai contoh Post Freq Ratio muncul angka 2, artinya rata-rata orang yang dijangkau melihat 2 postingan Anda.
PROFILE VISIT Profile Visit / Kunjungan Profil adalah data Profile Visit (Kunjungan Profil) pada Account Insights di Kolom Interaction (Interaksi).
WEBSITE CLICK Website Click / Klik Website adalah data Website Click (Klik Website) pada Account Insights di Kolom Interaction (Interaksi).
OTHER CTA Other CTA adalah data selain Profile Visit & Website Klik yang ada pada Account Insights di Kolom Interaksi. Biasanya seperti Email, Call, Text, etc
VISIT RATE (%) Visit Rate adalah perbandingan antara Reach (Jangkauan) dengan Profile Visit (Kunjungan Profil). Semakin tinggi Visit Rate, artinya konten Feed yang Anda post selama minggu tersebut memiliki performa yang baik. Karena membuat orang “Kepo” dengan konten lainnya dari Akun Instagram milik Anda.
CTA RATE (%) CTA Rate adalah perbandingan antara Profile Visit (Kunjungan Profil) dengan Website Click & Other CTA. Hal ini menunjukkan dari orang-orang yang mengunjungi profile Anda, berapa % yang melakukan tindakan seperti Klik Website, Email, Teks SMS, maupun tindakan lainnya.
FOLLOWERS Followers adalah data jumlah Follower yang Anda miliki. Bisa dilihat pada Account Insight pada Audience Tab.
FOLLOWERS GROWTH Followers Growth adalah jumlah peningkatan followers sekarang dengan minggu sebelumnya.
ENGAGEMENT RATE (ER) Tingkat keterlibatan, interaksi, intimasi, dan pengaruh yang dimiliki audiens terhadap sebuah brand di media sosial. Banyaknya followers atau page likes belum tentu menggambarkan tingginya ER.Poin terpentingnya adalah berapa banyak dan seberapa sering orang terhubung dengan sebuah brand. Dengan mengetahui berapa ER media sosial, kita bisa mendapatkan manfaat berikut ini: Membangun komunikasi langsung dengan audiens. Berbeda dengan media massa konvensional, media sosial memungkinkan audiens untuk berinteraksi secara langsung dengan brand maupun audiens lainnya. Mendapatkan feedback untuk menyempurnakan strategi komunikasi. Melalui feedback, kita bisa mengukur kesesuaian konten dengan kebutuhan audiens sehingga informasi tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan strategi komunikasi bisnis brand. Membangun brand awareness dan brand loyalty. ER yang baik dapat membantu brand menjangkau audiens yang lebih luas, membangun brand awareness, bahkan meningkatkan loyalitas users.
ER BY REACH (ERR) Perhitungan berdasarkan reach bisa lebih akurat dibandingkan dengan perhitungan berdasarkan followers karena tidak semua followers melihat konten yang di-post di media sosial
ER POST Perhitungan berdasarkan post bisa digunakan jika media sosial memiliki reach post yang fluktuatif. Melalui pembagian dengan angka followers, angka ER akan menjadi lebih stabil
ER IMPRESSION Cara ini cocok digunakan untuk campaign yang membutuhkan perhitungan berdasarkan impression (seberapa sering konten media sosial muncul di layar, bukan seberapa banyak orang yang melihat konten tersebut)
DAILY ER Perhitungan ini memungkinkan kita untuk mendapatkan gambaran ER per harinya, bukan dari per post saja. Namun, cara ini tidak terlalu akurat karena kita akan sulit membedakan antara satu follower yang engage berulang kali dengan banyak followers yang hanya engage satu kali pada hari tersebut
ER VIEWS Perhitungan berdasarkan views ini cocok dipakai jika brand menjadikan video sebagai konten utama dalam mendapatkan engagement.

Post Frequency Ratio

Visit Rate %

Post Frequency Ratio

Visit Rate %

CTA Rate %

Followers Growth

Total ER by REACH (ERR)

Total ER Post

Total ER Impression

Total Daily ER

Total ER Views